PESPEKTIF PENDIDIKAN SD
1. Pandangan filosofis adalah cara melihat
pendidikan dasar dari hakikat pendidikan dalam kehidupan manusia. Pertanyaan
filosofis yang akan kita bahas adalah ....
a.
Apa tujuan pendidikan Sekolah
Dasar dikembangkan?
b.
Kapan pendidikan Sekolah Dasar mulai
dikembangkan?
c.
Berapa banyak pendidikan Sekolah Dasar perlu
dikembangkan?
d.
Dimana saja pendidikan Sekolah Dasar perlu
dikembangkan?
2. Pandangan psikologis-pendagogis atau
psiko-pendagogis adalah cara melihat pendidikan dasar dari fungsi proses
pendidikan dasar, dalam pengembangan potensi individu sesuai dengan
karakteristik psikologis peserta didik. Pertanyaan psiko-pedagogis yang relevan dengan fungsi proses itu adalah bagaimana pendidikan dasar dikembangkan sesuai dengan....
a.
Dana yang tersedia
b.
Teori menjadi rujukannya
c.
Prioritas pemerintah dan masyarakat
d. Karakteristik peserta didiknya
3.
Pandangan sosiologis-antropologis atau
sosio-antropologis adalah cara melihat pendidikan dasar dari fungsi proses
pendidikan dasar dalam ....
a. Proses sosialisasi atau pendewasaan peserta
didik dalam konteks kehidupan bermasyarakat
b. Sosialisasi atau pendewasaan
peserta didik dalam konteks kehidupan bermasyarakat, dan proses enkulturasi
atau pewarisan nilai dari generasi tua kepada peserta didik yang sedang
mendewasa dalam konteks pembudayaan
c. Proses enkulturasi atau pewarisan nilai dari
generasi tua kepada peserta didik yang sedang mendewasa dalam konteks
pembudayaan
d. Sosialisasi atau pendewasaan peserta didik dalam
komunitas lokal dan proses enkulturasi atau pewarisan nilai dari orang tua
kepada anaknya di lingkungan keluarga inti
4. SD/Mimerupakna salah satu bentuk pendidikan pada
jenjang pendidikan dasar, dalam jalur pendidikan formal di Indonesia pada saat
ini. Bentuk pendidikan ini secara operasional dilaksanakan sebagai ....
a.
Situs pendidikan masing-masing sekolah
b.
Organisasi pendidikan masing-masing sekolah
c. Satuan pendidikan masing-masing sekolah
d.
Bentuk pendidikan masing-masing sekolah
5. Ada beberapa argumen tentang keniscayaan
pendidikan untuk usia SD, antara lain yang menekankan pada konsep pendidikan
yang sistematik adalah....
a. Pelembagaan proses pendidikan untuk usia dalam sistem pendidikan
persekolahan atau Scholing system, diyakini sangat strategis, artinya sangat
tepat dilakukan, untuk mempengaruhi, mengondisikan, dan mengarahkan
perkembangan mental, fisik dan sosial anak alam mencapai kedewasaannya.
b. Proses pendewasaan melalui sekolah di yakini
lebih mudah dam masal artinya lebih memberikan hasil yang baik tanpa biaya
besar daripada proses pendewasaan yang dilepas secara alami dan kontekstual
melalui proses sosialisasi atau pergaulan dalam keluarga yang tanpa memerlukan
biaya tetapi sukar dikaji hasilnya.
c. Berbagai teori psikologi khsusnya teori belajar
yang menjadi landasan konseptual teori pembelajaran, seperti teori
behaviorisme, kognitivisme, humanisme, dan sosial sesungguhnya lebih mendukung
pendidikan melalui alam.
d. Berbagai teori psikologi khususnya teori belajar
yang menjadi landasan konseptual teori pembelajaran, seperti teori
behaviorisme, kognitifisme, humanisme, dan sosial cukup memberi landasan namun
sukar diterapkan dalam prakteknya.
6. Filsafat pendidikan seperti perenalisme yang
menekankan pentingnya pewarisan kebudayaan, esensialisme, yang menekankan pada
transformasi nilai esensial, progresifisme, yang menekankan pada pengembangan
potensi individu, dan rekonstruksionalisme sosial, yang menekankan pengembangan
individu untuk perubahan masyarakat dapat dinilai ....
a.
Sangat mendukung proses pendewasaan anak melalui
pendidikan persekolahan namun terkesan sangat utopia
b. Mengesampingkan teori soscio-historical dan
teori experiental learning yang menekankan pada proses belajar melalui
interaksi sosial-kultural dan belajar melalui pengalaman
c.
Bertolak belakang dengan teori soscio-historical
dan teori experiental learning yang menekankan pada proses belajar melalui
interaksi sosial-kultural dan belajar melalui pengalaman
d. Saling melengkapi dengan teori soscio-historical dan teori experiental
learning yang menekankan pada proses belajar melalui interaksi sosial-kultural
dan belajar melalui pengalaman
7. Piaget menegaskan bahwa pengetahuan bukanlah
duplikat dari objek, dan bukan pula sebagai tampilan kesadaran dari bentuk yang
ada dengan sendirinya dalam diri individu. Pengetahuan sesungguhnya merupakan
konstruksi pikiran yang terbentuk, karena secara ....
a.
Genetik adanya interaksi antara organisme dengan
lingkungan, dan secara fisik adanya interaksi antara panca indera dengan objek
b. Historis adanya pengalaman lampau sebagai
organisme dalam lingkungan, dan secara sosial adanya interaksi antara individu
c. Spiritual adanya interaksi antara organisme
dengan pencipta dan secara kultural adanya interaksi antar budaya
d. Biologis adanya interaksi antara organisme dengan lingkungan dan secara
kognitif adanya interaksi antara pikiran dengan objek
8. Anak usia SD/MI berada dalam tahap perkembangan
kognitif Praoperasional sampai Konkrit. Pada usia ini anak memerlukan ....
a.
Lingkungn belajar guna membangun pengetahuannya
b. Bimbingan sistematis dan sistemik guna membangun pengetahuannya
c.
Sarana dan prasarana fisik guna membangun
pengetahuanya
d.
Bimbingan sepenuhnya guna membangun
pengetahuannya
9 Secara sosial-kultural aktivitas mental
merupakan sesuatu hal yang unik hanya pada manusia. Hal itu merupakan produk
dari belajar sosial atau social learning,
yakni proses penyadaran simbol-simbol sosial dan internalisasi kebudayan
dan guungan sosial. Kebudayaan diinternalisasi dalam bentuk sistem neuropsikis
yang merupakan bagian dari bentuk aktivitas fisiologis dari otak manusia.
Aktivitas mental yang tinggi memungkinkan pembentukan dan perkembangan proses
mental manusia yang lebih tingggi. Dengan menggunakan teori sosial kultural,
proses pendidikan di SD/MI seyogianya ....
a. Diteorikan sebagai proses pertumbuhan kemampuan
dalam diri individu sebagai produk interaksi antara kemampuan intramental dan
intermental individu dalam konteks sosial-kultural
b. Diperlakukan sebagai proses pertumbuhan kemampuan dalam diri individu
sebagai produk interaksi antara kemampuan intramental dan intermental individu
dalam konteks sosial-kultural
c. Dinilai sebagai sebagai proses pertumbuhan
kemampuan dalam diri individu sebagai produk interaksi antara kemampuan
intramental dan intermental individu dalam konteks sosial-kultural
d. Dirancang sebagai sebagai proses pertumbuhan
kemampuan dalam diri individu sbagai produk interaksi antara kemampuan
intramental dan intermental individu dalam konteks sosial-kultural
10. Dilihat secara sosiologis dan antropologis
masyarakat dan bangsa Indonesia sangatlah heterogen dalam segala aspeknya. Oleh
karena itu, instrumentasi atau pengelolaan sistem pendidikan itu tidaklah
mungkin dilakukan secara homogen penuh. Untuk itulah dalam sistem pendidikan
kita saat ini perlu diupayakan ....
a. Perangkat kurikulum nasional yang bersifat
sentralistik untuk tingkat satuan pendidikan dalam rangka penerapan kurikulum
yang berdiversifikasi untuk melayani keberagaman secara nasional
b. Kebijakan teknis tentang kurikulum tingkat
satuan pendidikan yang bersifat desentralistik, penerapan kurikulum yang
berdiversifikasi untuk melayani keeragaman, dan pengembangan standar nasional
pendidikan sebagai baku mutu yang sepenuhnya dikendalikan secara nasional
c. Pembaharuan seperti kurikulum nasional yang bersifat sentralistik
menjadi kurikulum yang bersifat desentralistik, penerapan kurikulum yang berdiversifikasi
untuk melayani keberagaman, dan pengembangan standar nasional
d. Daya dukung kurikulum nasional yang bersifat
sentralistik untuk tingkat satuan pendidikan dalam rangka penerapan kurikulum
yang berdiversifikasi untuk melayani keberagaman, dengan dukungan pembiayaan
yang sentralistik.
11.
Landasan historis dan ideologis adalah dasar
pemikiran yang diangkat dari fakta sejarah yang relevan tentang ....
a. Pergulatan pemikiran tentang pendidikan SD
beserta tokoh-tokoh yang ada di belakangnya sejak pada masa Hiindia Belanda
sampai saat ini
b. Dinamika pemikiran pendidikan SD beserta
ide-ide/ pertimbangan politik sejak pada masa Hindia Belanda sampai saat ini
c. Pertumbuhan dan perkembangan pendidikan SD beserta ide-ide/
pertimbangna yang melatarbelakanginya sejak pada masa Hindia Belanda sampai
saat ini
d. Perkembanga pendidikan SD beserta masalahnya
sejak pada masa Hindia Belanda sampai saat ini
12.
Secar historis atau kesejarahan, pendidikan SD
di Indonesia merupakan kelanjutan dari sistem pendidikan pada masa Hindia Belandayang
memang dibangun lebih banyak untuk kepentingan ....
a. Memperoleh tenaga terampil yang mengerti nilai budaya penjahjah
sehingga menguntungkan mereka dalam mempertahankan dan melangsungkan
penjajahannya
b.
Pengentasan penduduk bumi putera yang secara riil
diperlakukan sebagai hamba atau onderdaan
c.
Pengentasan penduduk bumi putera dan golongan
timur asing secara riil sesuai dengan kebutuhan penjajah
d.
Pengentasan bui putera yang sebagai bentuk balas
budi yang tulus penjajah
13.
Sistem pendidikan di Indonesia dalam perspektif
sejarah perjuangan bangsa berkembang secara dinamis pada lingkungan masyarakat
yang juga berkembang dalam dimensi ideologi, politik, ekonomi, maupun sosial
budaya. Dalam perkembangannya dari waktu ke waktu, pendidikan di bumi Nusantara
secara konsisten dianggap berfungsi sebagai wahana transformasi, transmisi, dan
sosialisasi nilai-nilai ....
a. Tradisional dan keagamaan dari masyarakatnya,
yang berlangsung baik melalui jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan
luar sekola
b. Baru yang menyertai perkembangan teknologi da
seni dari masyarakatnya, yang berlangsung baik melalui jalur pendidikan
sekolah, dan jalur pendidikan luar sekolah
c. Kejuangan dan cinta tanah air dari
masyarakatnya, yang berlangsung baik melalui jalur pendidiakn sekolah dan jalur
pendidikan luar sekolah
d. Tradisi, ilmu pengetahuan, serta teknologi dan seni dari masyarakatnya,
yang berlangsung baik melalui melalui jalur pendidiakn sekolah dan jalur
pendidikan luar sekolah
14. Dari fakta sejarah pendidikan SD pada zaman
Hindia Belanda, kita dapat menangkap makna bahwa segregasi sosial dan
diskriminasi secara sengaja dilakukan terhadap penduduk bumi putera dalam
memperoleh kesempatan belajar di SD, yang didasarkan pada latar belakang
sosial, ekonomi, dan budaya. Ideologi ini ternyata ....
a. Sudah tidak dijumpai dalam instrumentasi dan
praksis sistem pendidiakn nasional setelah Indonesia merdeka
b. Masih kita jumpai dalam instrumentasi dan praksis sistem pendidiakn
nasional setelah Indonesia merdeka
c. Dalam banyak hal masih kita jumpai dalam instrumentasi
dan praksis sistem pendidiakn nasional setelah Indonesia merdeka
d. Dijumpai semakin kuat dalam instrumentasi dan
praksis sistem pendidiakn nasional setelah Indonesia merdeka
15. Tumbuhnya berbagai gerakan pendidikan pada masa
perjuangan kemerdekaan, yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa, telah
mendorong tumbuh dan berkembang dasar ideologi pendidikan yang salah satunya
adalah Ing Madya Mangun Karsa, Ing Ngarsa Sung Tulada, Tut Wuri Handayani.
Ideologi ini pada dasarnya mengandung makna pendidikan yang ....
a.
Bersifat liberal ala Barat
b.
Bernuansa religius berlandaskan agama tertentu
c.
Bersifat demokratis dan penuh tenggang rasa
d. Berwawasan kultural yang mengetengahkan pemberdayaan
16.
Landasan ideologis dan yuridis pendidikan pada
dasarnya merupakan komitmen politik Negar RI yang diwujudkan dalam ....
a. Berbagai program yang mencerminkan bagaimana
sistem pendidikan nasional dibangun dan diselenggarakan untuk mewujudkan fungi
dan tujuan pendidikan nasional
b. Berbagai ketentuan normatif konstitusional yang mencerminkan bagaimana
sistem pendidikan nasional dibangun dan diselenggarakan untuk mewujudkan fungi
dan tujuan pendidikan nasional
c. Berbagai kelembagaan yang mewadahi program
pendidikan nasional dibangn dan diselenggarakan untuk mewujudkan fungi dan
tujuan pendidikan nasional
d. Berbagai perangkat pembelajaran yang
mencerminkan bagaimana sistem pendidikan nasional dibangun dan diselenggarakan
untuk mewujudkan fungi dan tujuan pendidikan nasional
17. Secara ideologis dan yuridis ditetapkan bahwa
Pancasila dan UUD 1945 merupakan dasar atau fondasi pendididkan nasional. Hal
ini mengandung makna bahwa pendididkan nasional, termasuk didalamnya pendidikan
di SD/MI harus sepenuhnya didasarkan pada ....
a. Cita-cita, niali, konsep, dan moral yang terkandung dalam bagian dari
alinea keempat Pembukaan UUD 1945
b. Nilai, konsep, dan moral yang terkandung dalam
bagian dari alinea keempat Pembukaan UUD 1945
c. Cita-cita dan moral yang terkandung dalam bagian
dari alinea keempat Pembukaan UUD 1945
d. Konsep dan moral yang terkandung dalam bagian
dari alinea keempat Pembukaan UUD 1945
18. Pendidikan SD mengemban dua fungsi, yakni
pengembangan ....
a. Keterampilan peserta didik secara sosiologis dan
pemberian landasan yang kuat untuk pendidikan dalam masyarakat
b. Sikap peserta didiksecara psikologis dan
pemberian landasan yang kuat untuk pendidikan lebih lanjut
c. Potensi peserta didik psikologis dan pemberian landasan yang kuat untuk
pendidikan SMP dan seterusnya
d. Peserta didi secara kultural dan pemberian
landasan yang kuat untuk pendidikan seumur hidup
19. Peserta didik SD/MI berkewajiban menjaga
norma-norma pendidikan dengan cara berikut, kecuali ....
a.
Menjalankan ibadah sesuai agama yang dianutnya
b.
Menghormati pendidikan dan tenaga kependidikan
c.
Menuntut haknya sebagai peserta
didik
d.
Mencintai keluarga, masyarakat, dan menyayangi
sesama
20. Bila seluruh ketentuan perundang-undangan
tentang wajib belajar 9 tahun dapat dilaksanakan dengan baik, maka program
WAJAR tersebut akan memberi dampak yang luas bagi pencerdasan kehidupan bangsa
secara ....
a. Cepat c.
Bertahap
b. Terus
menerus d.
terbatas
21.
Sejalan dengan tujuan pendidikan dasar, maka
salah satu tujuan pendidikan SD adalah untuk membekali peserta didik usia SD
dengan kemampuan ....
a. Baca, tulis, hitung
b.
Membuat kerajinan tangan
c.
Menghargai perbedaan
d.
Bergaul dengan masyarakat luas
22. Contoh-contoh kecakapan hidup yang wajib
dibentuk di SD adalah sebagai berikut, kecuali ....
a.
Bertanya ketika sesat di jalan
b.
Berhenti ketika lampu merah menyala di
perempatan jalan
c.
Menghitung harga barang-barang yang dibeli di
pasar
d. Membuat kue untuk pesta
23.
Salah satu karakteristik pendidikan di SD adalah
kemampuan bernalar. Karakteristik ini akan mewarnai pembelajaran di SD,
terutama dalam membimbing siswa ....
a. Berpikir kritis
b.
Mengerjakan latihan
c.
Membuat ringkasan
d.
Melakukan percobaan
24. Sesuai dengan karakteristik siswa SD yang masih
berpandangan holistik, maka pembelajaran di SD lebih ditekankan kepada ....
a.
Esensi setiap mata pelajaran
b.
Pemahaman topik-topik khusus yang disajikan
secara terpisah
c. Keterpaduan antarberbagai bidang yang diikat oleh tema tertentu
d.
Penggunaan alat peraga
25. Sesuai karakteristik siswa SD, kegiatan
pembelajaran di SD seyogyanya memberikan kesempatan kepada siswa SD untuk
menghayatipengalaman langsung. Contoh pengalaman langsung ini adalah sebagai
berikut, kecuali ....
a.
Mengukur tinggi meja dengan menggunakan
penggaris
b.
Berperan sebagai pembeli yang sedang menawar
barang
c. Mendengarkan penjelasan tentang sebab-sebab terjadinya banjir
d.
Menanam kecambah untuk melihat pertumbuhannya
26. Berbeda dari guru SMP, guru SD adalah guru kelas
yang berkewajiban mengajarkan mata pelajaran....
a.
Bahasa Indonesia, IPA, Kerajinan Tangan, IPS,
dan Matematika
b.
IPA, Matematika, Olah Raga, Kesenian, dan Muatan
Lokal
c. Matematika, Bahasa Indonesia, Kerajinan Tangan,
IPS, dan Pendidikan Kewarganegaraan
d. Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn
27.
Dari segi fisik, perbedaan yang mencolok antara
gedung SD dibandingkan dengan gedung SMP adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. Jumlah kelas atau ruangan belajar
b.
Ruangan khusus administrasi
c.
Ruangan khusus untuk administrasi
d.
Ruangan khusus untuk labolatorium
28. Berbeda dengan siswa SMP atau SMA, siswa SD
mempunyai karakteristik khas yang harus selalu dipertimbangkan oleh guru dalam
mengelola pembelajaran. Di antara karakteristik tersebut adalah sebagai
berikut, kecuali siswa ....
a.
Usia SD masih berada pada tahap operasi konkret
b.
Usia SD sudah mampu memahami
konsep secara terisolasi
c.
SD lebih mudah memahami sesuatu yang bersifat
keseluruhan
d.
SD mempunyai kemampuan yang beragam atau
bervariasi
29. Berdasarkan UU Nomor 20/2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, Kurikulum SD dikembangkan oleh ....
a.
Pusat Kurikulum Depdiknas
b.
Dinas Pendidikan Propinsi
c.
Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
d.
SD bersama Komite Sekolah
30. Menurut UU Nomor 20/2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, Kurikulum SD dikembangkan ketentuan/ hal-hal berikut,
kecuali ....
a.
Standar Nasional yang ditetapkan Departemen
b. Sumber daya manusia yang tersedia di daerah
c.
Kebutuhan lokal
d.
Kerangka dasar dan struktur kurikulum dari
pemerintah
31. Sebagaimana dengan satuan pendidikan lainnya,
penyelenggaraan SD merupakan tanggung jawab ....
a.
Menteri pendididkan Nasional
b.
Pemerintah Daerah dan Masyarakat
c.
Pemerintah Pusat
d.
Pemerintah Pusat dan Pemerintah
Daerah
32.
Kewenangan untuk menetapkan Standar Nasional
Pendidikan berada di tangan ....
a.
Pemerintah Pusat
b.
Pemerintah Daerah
c.
Dewan Perwakilan Rakyat
d.
Dewan Pendidikan
33. Sesuai asas kemandirian dan manajemen berbasis
sekolah, tanggung jawab utama pengelolaan pendidikan pada suatu SD berada di
tangan ....
a.
Komite Sekolah
b.
Dewan Pendidikan
c.
Dinas Pendidikan Kabupaten
d.
SD bersangkutan
34. Komite Sekolah merupakan lembaga mandiriyang
berperan dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan dan pengawasan pengelolaan
pendidikan. Peran tersebut dapat direalisasikan melalui hal-hal berikut,
kecuali ....
a.
Memberikan masukan dalam pengembangan kurikulum
b.
Memberikan pertimbangan dalam pengadaan sarana
dan prasarana
c.
Menentukan persyaratan kelulusan
d.
Meminta pertanggungjawaban pengelolaan
pendidikan
35. Di samping SD biasa, berbagai bentuk pendidikan
SD dapat diselenggarakan dengan tujuan utama ....
a.
Memperbanyak jumlah sekolah
b.
Menuntaskan wajib belajar
c.
Memperluas kesempatan memperoleh pendidikan
d.
Meningkatkan mutu pendidikan SD
36. Di antara deskripsi SD berikut ini, yang mana
yang dapat dikategorikan sebagai SD Unggulan?
a. SD Binanusa mempunyai tiga ruang kelas dan lima
orang guru. Proses belajar berlangsung pagi hari untuk kelas 1, 2 dan 6,
sedangkan pada sore hari untuk kelas 3, 4, dan 5. Buku peajaran cukup lengkap
dan setiap siswa mendapatkan buku pelajaran gratis dari sekolah.
b.
SD Nusantara mempunyai enam
ruang kelas, dengan jumlah siswa per kelas sekitar 20 orang. Pada setiap
pembelajaran, siswa sangat termotivasi dalam belajar. Para guru selalu
menerapkan pendekatan pembelajarn yang berfokus pada siswa. Hal ini sepadan
dengan uang sekolah yang cukup tinggi.
c.
SD Negeri Kamboja merupakan SD favorit yang
banyak diminati oleh para orang tua, meskipun kenyataan menunjukan bahwajumlh
siswa dalam satu kelas berkisar sekitar 50 orang. SD ini menjadi favorit karena
lulusan SD ini banyak diterima di SMP Negeri, yang juga favorit di kota
tersebut.
d. SD Karimun merupakan SD yang mengajarkan bahasa
Inggris sebagai muatan lokal. Namun, guru yang mengajar bahasa Inggris ternyata
tidak mampu menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Sebagai akibatnya,
para lulusan SD ini tidak menggunakan bahasa Inggris ketika bertemu dengan para
turis asing yang banyak datang ke daerah tersebut. Mereka lebih banyak
menggunakan bahasa isyarat.
37.
Kekuatan/ keuntungan yang dapat dipetik dari
adanya SD Inklusi adalah sebagai berikut, kecuali ....
a.
Anak-anak berkebutuhan khusus
akan mampu mandiri
b. Anak-anak normal akan menyadari kehidupan nyata
yang penuh dengan variasi/ perbedaan
c.
Terjadi perbauran antara anak normal dengan anak
berkebutuhan khusus
d. Anak-anak berkebutuhan khusus dapat bersekolah
di SD yang paling dekat dengan tempat tinggalnya
38. Program Kejar Paket A merupakan pendidikan
kesetaraan setingkat SD, yg menggunakan kurikulum yang disusun denagn
memperhatikan hal-hal berikut ini, kecuali ....
a.
Pendekatan pendidikan orang dewasa
b.
Kecakapan hidup yang harus dikuasai
c. Lokasi tempat tinggal peserta didik
d.
Standar nasional pendidikan
39.
Sekolah Rumah dipilih oleh orang tua atau
anak-anak karena berbagai alasan berikut, kecuali ....
a.
Biaya sekolah yang lebih murah
b.
Anak tidak perlu menempuh perjalanan ke sekolah
formal
c.
Suasana belajar yang lebih kondusif
d.
Menghindari berbagai tindak kekerasanyang sering
terjadi
40. Berikut ini adalah berbagai kelemahan yang
mungkin muncul dalam Sekolah Rumah, kecuali ....
a.
Anak mungkin kurang disiplin dalam belajar
b.
Kompetensi yang diharapkan tidak
akan dikuasai
c.
Terbatasnya interaksi sosial antaranak
d.
Anak hidup secara terisolasi
41.
Era Orde Baru, era Pemerintahan di bawah
Presiden Suharto (1967-1998) secara politik dimulai tahun 1967, ketika rezim
pemerintahan Presiden Soekarno ....
a. Di ambil alih oleh rezim pemerintahan presiden
Soeharto sampai tahun 1998, saat tumbangnya rezim pemerintahan Orde Baru
b. Diserahkan kepada rezim pemerintahan Soeharto
sampai tahun 1998, saat tumbangnya rezim pemerintahan Orde Baru
c. Diganti oleh rezim pemerintahan presiden Soeharto sampai tahun 1998,
saat tumbangnya rezim pemerintahan Orde Baru
d. Dibekukan oleh rezim pemerintahan presiden
Soeharto sampai tahun 1998, saat tumbangnya rezim pemerintahan Orde Baru
42. Pengembangan pendidikan nasional pada Repelita V
(1990/1991) – (1993/1994) secara keseluruhan, didasarkan pada UU tersebut.
Dengan sistem pendidikan nasional tersebut, setiap warga negara RI diharapkan
“.... memperoleh sekurang-kurangnya pengetahuan dan kemampuan dasar, yang
meliputi kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, serta menggunakan bahasa
Indonesia, yang diperlukan oleh setiap warganegara untuk dapat berperan serta
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “ Imperatif itu
mengacu pada nilai dan prinsip ....
a.
Otoritas negara untuk mendidik warga negaranya
b.
Demokrasi dan hak asasi manusia
c.
Historis pendidikan nasional
d.
Sosial politik pendidikan nasional
43. Perluasan dan pemerataan pendidikan dimaksudkan
untuk menciptakan keadaan sehingga seiap orang mempunyai kesempatan yang sama
untuk memperoleh pendidikan, yang didukung dengan pengangkatan gurubaru dan
penghapusan secara bertahap Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang
sebelumnya menjadi beban orang tua/wali murid; pembangunan unit gedung baru dan
rehabilitasi gedung lama. Usaha tersebut memiliki sifat ....
a.
Sistemik dan komprehensif
b.
Sistemik menyeluruh
c.
Saling ketergatungan
d.
Sistemik progmatis
44. Untuk daerah terpencil perluasan program wajar
dikdas dilakukan melalui pengembangan SD Kecil, yakni D yang terdiri atas dua
atau tiga ruang dengan dua atau tiga guru untuk melayani murid pada 6 kelas.
Disitulah diteapkan pembelajran kelas rangkap (multigrap teching) yang didukung
dengan penyediaan aneka sumber belajar mandiri dalam bentuk modul dan pedoman
guru, pemenuhan kebtuhan gurunya melalui program satuan bhakti guru daerah
terpencil, seperti untuk daerah Kepulauan Riau. Upaya tersebut merupakan bentuk
dari ....
a.
Kebijakan pendidikan yang tidak berkeadilan
b.
Penanganan pendidikan secara darurat
c.
Kontekstualisasi pelaksanaan
pendidikan
d.
Penerapan prinsip otonomi pendidikan
45.
Untuk daerah berpenduduk padat, yang mempunyai
tingkat kepadatan penduduk lebih dari 1.000 orang per kilometer persegi,
dikembangkan gedung sekolah bertingkat dengan ruang belajar lebih dari enam
ruang, agar dapat menampung murid lebih dari 300 orang. Sementara itu untuk
daerah normal, yakni daerah yang memiliki tingkat kepadatan penduduk di bawah
1.000 orang per kilometer persegi, di bangun SD dengan gedung yang memiliki
enam ruangan untuk enam kelas. Kebijakan tersebut dimaksudkan dalam rangka
penerapan prinsip ....
a.
Relevansi pendidikan
b.
Efisiensi dan efektivitas pendidikan
c.
Pemberdayaan sumber daya pendidikan
d.
Pemerataan pendidikan
46.
Sekolah Dasar Tradisional (konvensional)
merupakan ....
a. SD pada umumnya yang selama ini berlangsung, yang memiliki tempat
belajar atau gedung rata-rata enam ruangan, satu ruang guru, satu ruang
perpustakaan, kamar mandi/WC, serta fasilitas lainnya yang pada umumnya
dibangun dengan biaya Pemerintah melalui Program Inpres. Proses pembelajaran berlangsung
pada pagi, siang, dan sore hari dengan beban belajar setiap tingkat kelas 33
jam per minggu, dan hari efektif 240-245 hari pertahun
b.
SD yang dibangun oleh masyarakat
adat/perkumpulan sosial yang memiliki tempat belajar atau gedung rata-rata enam
ruangan, satu ruang guru, satu ruang perpustakaan, kamar mandi/WC, serta
fasilitas lainnya yang pada umumnya dibangun dengan biaya Pemerintah melalui
Program Inpres. Proses pembelajaran berlangsung pada pagi, siang, dan sore hari
dengan beban belajar setiap tingkat kelas 33 jam per minggu, dan hari efektif
240-245 hari pertahun
c.
SD swasta yang memiliki tempat belajar atau
gedung rata-rata enam ruangan, satu ruang guru, satu ruang perpustakaan, kamar
mandi/WC, serta fasilitas lainnya yang pada umumnya dibangun dengan biaya
Pemerintah melalui Program Inpres. Proses pembelajaran berlangsung pada pagi,
siang, dan sore hari dengan beban belajar setiap tingkat kelas 33 jam per
minggu, dan hari efektif 240-245 hari pertahun
d.
SD kerja sama antara Pemerintah dan dunia swasta
yang memiliki tempat belajar atau gedung rata-rata enam ruangan, satu ruang
guru, satu ruang perpustakaan, kamar mandi/WC, serta fasilitas lainnya yang
pada umumnya dibangun dengan biaya Pemerintah melalui Program Inpres. Proses
pembelajaran berlangsung pada pagi, siang, dan sore hari dengan beban belajar
setiap tingkat kelas 33 jam per minggu, dan hari efektif 240-245 hari pertahun.
47. MI merupakan lembaga pendidikan formal setingkat
SD yang dalam proses pendidikannya mengajarkan bidang studi agama Islam dengan
beban belajar lebih banyak dari SD biasa, yakni sekitar 30% mata pelajaran
agama dan 70% mata pelajaran umum. STTB MI ....
a.
Tidak sama dengn STTB SD, karena itu
dimungkinkan terjadi perpindahan murid MI ke SD dan kedua kelompok lulusan
tersebut (SD dan MI) dan tidak memiliki akses yang sama untuk melanjutkan
pendidikan ke tingkat SLTP
b. Sama dengan STTB SD, artinya dimungkinkan terjadi perpindahan murid MI
ke SD dan kedua kelompok lulusan tersebut (SD dan MI) memiliki akses yang sama
untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTP
c.
Sama dengan STTB SD, dimungkinkan terjadi
perpindahan murid MI ke SD dan kedua kelompok lulusan tersebut (SD dan MI)
tetapi tidak memiliki akses yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat
SLTP
d.
dimungkinkan terjadi perpindahan murid MI ke SD
dan kedua kelompok lulusan tersebut (SD dan MI) tetapi akses untuk melanjutkan
pendidikan ke tingkat SLTP sangat terbatas
48.
SD Pamong (Pendidikan Agama oleh Masyarakat,
Orang tua, dan Guru) merupakan program pendidikan SD kolaborasi dengan masyarakat.
Dalam konteks itu ....
a.
Masyarakat berperan dalam
penyediaan sarana dan prasarana belajar
b.
Orang tua/ wali berperan dalam menyiapkan sumber
belajar
c.
Guru dan/ tutor berperan dalam mengajar anak
belajar
d.
Tutor berperan dalam memotivasi anak belajar
49.
Program Kejar (Paket A) merupakan program
pendidikan luar sekolah yang bermakna bekerja sambil belajar (Kejar). Peseranya
adalah anak usia SD yang belum memperoleh kesempatan belajardan/ putus Sekolah
Dasar. Program ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ....
a.
Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan
menggunakan sumber belajar, terutama modul
b.
Proses belajar anak difasilitasi oleh tutor
sebagai pemicu dan pemacu proses belajar, dengan pertemuan tatap muka yang
dilakukan pada sore atau malam hari
c.
Yang mnjadi tutor Paket A, program kejar tingkat
SD, adalah guru SD di daerah itu, sebagai tugas tambahan di luar tugasnya
sebagai guru SD biasa
d. Jadwal pembelajaran bersifat reguler untuk setiap peserta belajar
disemua daerah
50.
SD Terpadu merupakan lembaga pendidikan yang
bersifat inklusif, yakni pendidikan yang ....
a.
Menempatkan anak yang normal sebagai tutor
sebaya bag anak yang mengalami ketunaan untuk belajar secara bersamaan dan
gurunya terdiri atas guru biasa dan guru pembimbing khusus untuk anak yang
memiliki ketunaan tesebut
b.
Menggabungkan anak yang normal dan mengalami
ketunaan untuk belajar secara bersamaan dan gurunya terdiri atas guru
pembimbing khusus untuk semua anak termasuk anak yang memiliki ketunaan
tersebut
c.
Menggabungkan anak yang normal
dan mengalami ketunaan untuk belajar secara bersamaan dan gurunya terdiri atas
guru biasa dan guru pembimbing khusus untuk semua anak termasuk anak yang
memiliki ketunaan tersebut
d.
Menggabungkan anak yang normal dan yang
mengalami ketunaan untuk belajar secara bergilir dari guru pembimbing khusus
dan guru SD biasa
51. Mundurnya Presiden Soeharto dan dilantiknya BJ
Habibie, yang pada saat itu berkedudukan sebagai Wakil Presiden, menjadi
Presiden RI ketiga, pada tanggal 21 Mei 1998, merupakan ....
a. Tonggak sejarah dimulainya suatu era dalam sejarah politik kontemporer
Indonesia
b.
Momentum kebetulan dimulainya suatu era dalam
sejarah politik kontemporer indonesia
c.
Pemicu dimulainya suatu era dalam sejarah
politik konemporer Indonesia
d.
Titik balik dimulainya suatu era dalam sejarah politik
kontemporer Indonesia
52.
Sasaran pendidikan nasional PJP II yang
berdimensi spiritualistik yang menjadi awal dari era reformasi adalah ....
a. Terwujudnya kehidupan masyarakat yang makin
sejahtera lahir batin secara adil dan merata
b. Terselenggaranya pendidikan nasional dan
pelayanan kesehatan yang makin ermuu dan merata
c. Terwujudnya manusia yang beriman dan takwa terhadap Tuhan YME, berbudi
pekerti luhur
d. Terciptanya manusia yang tangguh, sehat, cerdas,
patriotik, berdisiplin, kreatif, produktif, dan profesional
53.
Arah pendidikan nasional berupa makin mantapnya
budaya bangsa yang tercermin dalam meningkatnya peradaban, harkat martabat
manusia Indonesia, dan memperkuat jati diri dan kepribadian bangsa, dan berakar
pada kebudayaan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45 pada
dasarnya merupakan komitmen ....
a.
Imperatifpendidikan nasional
b.
Kultural pendidikan nasional
c.
Ideologis politis pendidikan
nasional
d.
Politik kontemporer pendidikan nasional
54.
Tujuan utama pendidikan nasional memiliki sifat
transendenlah adalah untuk ....
a.
Meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa dan
kualitas sumber daya manusia
b. Mengembangkan manusia serta
masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan YME, berakhlak
mulia
c. Mengembangkan berbudi pekerti luhur, memiliki
pengetahuan, keahlian dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani
d.
Mengembangkan kepribadian yang mantap dan
mandiri
55.
Misi pendidikan nasional yang memiliki dimensi
kesadaran historis adalah ....
a.
Menumbuhkan dan mempertebal rasa cinta tanah air
b.
Meningkatkan semangat kebangsaan
c.
Memiliki wawasan keungggulan, dan kesetiakawanan
sosial
d. Memiliki dan kesadaran kebangsaan dan menghargai jasa para pahlawan
serta berorientasi masa depan
56. Pengembangan pendidikan dasar yang lebih
merupakan perwujudan demokrasi pendidikan adalah ....
a. Pemerataan pendidikan dasar
b.
Peningkatan kualitas pendidikan dasar
c.
Peningkatan wajib belajar sembilan tahun
d.
Peningkatan relevansi pendidikan
57. Sasaran pembangunan pendidikan dalam RPJM
2004-2009 antara lain adalah penyelenggaraan Wajar Dikdas 9 tahun, termausk di
dalamnya SD/MI 6 tahun dan penyelengggaraan pendidikan nonformal yang bermutu
yang mencakuo pendidikan kesetaraan Paket A yang setara SD, merupakan ....
a.
Komitmen baru pemerintahan era reformasi
b. Komitmen keberlanjutan kebijakan pendidikan nasional
c.
Inovasi dari pemerintah era reformais
d.
Penegasan kembali komitmen pemerintah orde lama
58.
Peningkatan pendidikan yang berkualitas yang
bukan termasuk dalam kategori masukan instrumental sistem pendidikan adalah
....
a. Pengembangan kurikulum SD yang disesuaikan
dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan global,
nasional dan lokal
b. Pengembangan pendidikan kewarganegaraan, pendidikan multikultural dan pendidikan budi pekerti, termasuk pendidikan kesenian dan lingkungan hidup
c. Penyediaan pendidik dan tenaga kependidikan
SD/MI yang profesional, dan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan dalam
jumlah dan kualitas yang memadai, peningkatan kesejahteraan dan perlindungan
hukum bagi pendidik SD/MI
d. Pengembangan sistem evaluasi, akreditasi dan
sertifikasi guru SD/MI serta meningkatkan penelitian dan pengembangan untuk
mendukung pelaksanaan Wajar Dikdas 9 tahun
59.
Standar kompetensi lulusan SD/MI menurut
Permendiknas 23 tahun 2006 yang termasuk kelompok ilmu pengetahuan dan
teknologi adalah ....
a. menjalankan ajaran agama yang di anut sesuai
dengan ahap perkembangan anak, mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri,
mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya, menghargai
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan
sekitarnya
b. menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis,
dan kreatif, menunjukan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan
bimbingan guru/pendidik, menunjukan rasa keingintahuan yang tinggi dan
menyadari potensinya, menunjukan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam
kehidupan sehari-hari, dan menunjukan kemampuan mengenali gejala alam dan sosia
di lingkungan sekitar
c. menunjukan kecintaan dan kepedulian terhadap
lingkungan, menunjukan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan
tanah air Indonesia, menunjukan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan
budaya lokal dan menunjukan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman,
memanfaatkan waktu luang
d. berkomunikasi secara jelas dan santun,
bekerjasama dalam kelompok, tolong- menolong, dan menjaga diri sendiri dalam
lingkungan keluarga dan teman sebaya, menunjukan kegemaran membaca dan menulis,
dan menunjukan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan
berhitung
60. Sesuai dengan PP RI 38 tahun 2007 Pemerintah
Daerah Kabupaten/ Kota memiliki kewenangan atas urusan wajib mengenai manajemen
satuan pendidikan SD/MI adalah ....
a.
Penetapan kebijakan operasional pendidikan di
kabupaten/kota
b. Perencanaan operasional pendidikan SD sesuai
dengan perencanaan strategis tingkat provinsi dan nasional
c.
Spesialisasi dan pelaksanaan standar nasional
pendidikan di tingkat kabupaten
d. Pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan
61.
Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap
perkembangan fisik anak adalah ....
a. Pola
asuh c.
Pendidikan orang tua
b. Gizi d.
Lingkungna masyarakat
62. Secara umum perkembanganfisik anak perempuan
lebih cepat dibandingkan anak laki-laki, terjadi pada usia ....
a. 1-2
tahun c. 11-12 tahun
b. 6-7
tahun d.
13-14 tahun
63. Orang Eropa pada umumnya lebih tinggi dan besar
secara fisik dibandingkan dengan orang Asia. Perbedaan tersebut disebabkan oleh
faktor ....
a. Ras c.
Pola makan
b. Gizi d.
Pola hidup
64. Pada usia SD, anak mampu berpikir secara logis
dan kuantitatif. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
a. Kohlberg c.
Sullivan
b. Freud d. Piaget
65.
Yang dimaksud tahap balas jasa adalah ....
a.
Anak mendapat teman karena
adanya suatu kepentingan rasa keadilan
b.
Menghargai teman sebagai individu
c.
Saling berbagi emosi
d.
Mementingkan diri sendiri
66.
Pengungkapan emosi anak laki-laki biasanya
diungkapkan melalui ....
a. Marah c.
Murung
b. Menangis d.
merengek
67. Seorang anak yang selalu mendapat tekanan dari
orang tuanya dapat mengalami gangguan perkembangan fisiknya. Hal ini merupakan
pengaruh dari ....
a. Pengaruh
keluarga c.
Suku bangsa
b. Sosial
ekonomi d. Gangguan emosional
68. Hidrocephalus (waktu lahir dengan kepala lebih
besar dari ukuran normal) dapat mengakibatkan perkembangan motorik anak
terganggu. Faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik tersebut karena
terganggunya fungsi ....
a. Otot c.
otak
b. Syaraf d.
Organ tubuh
69.
Anak yang merasa berhutang budi pada temannya,
dan suatu saat nanti akan memberikan sesuatu seperti yang telah diberikan
temannya tersebut. Hal ini termasuk pada tahap ....
a. Bersahabat c.
Sosialisasi
b. Balas jasa d.
Bersaudara
70.
Anak-anak biasanya lebih percaya pada ....
a. Orang
tuanya c. temannya
b. Saudara
kandungnya d.
Kakek atau neneknya
71. Anak yang sudah dapat berpikir bahwa boal itu
bentuknya bulat, meja berbentuk segi empat, dalam perkembangan intelegensinya
termausk pada tahap ....
a. Inklusi c.
Rasional
b. Seriasi d.
konservasi
72. Kalimat yang digunakan secara spontan terucap
tanpa tujuan merupakan fungsi bicara untuk ....
a. Menyampaikan
dg sengaja c.
Mempengaruhi orang lain
b. mengekspresikan perasaan d.
Mendengar pembicaraan orang
73. Salah satu fungsi bicara adalah untuk
menyampaikan dengan sengaja, yang dimaksud di sini adalah ....
a.
Ungkapan untuk menyampaikan perasaan senang
maupun sedih
b.
Cara orang menyampaikan pesan melalui tulisan
c. Dengan sengaja diungkapkan untuk memberitahu orang lain
d.
Ungkapan yang sudah direncanakan sebelumnya
untuk disampaikan
74.
Tahapan-tahapan seseorang sebelum dapat
berbicara lancar adalah mulai dari ....
a. Menangis, berceloteh, holofrase, mengobrol
b.
Berceloteh, holofrase, menangis, mengobrol
c.
Menangis, holofrase, berceloteh, mengobrol
d.
Berceloteh, menangis, holofrase, mengobrol
75. Sebelum anak lancar berbicara, faktor yang lebih
awal mempengaruhi atau dapat memacu anak untuk cepat berbicara adalah ....
a. Teman
bermain c.
Sekolah
b. Orang tua d.
Media elektronik
76. Pada akhir masa anak-anak perkembangan bahasa
anak sudah lancar, hal ini terlihat dalam ....
a.
Cara mengungkapkan maksud pembicaraan
b.
Logat bicaranya
c.
Individu yang diajak bicara
d. Topik pembicaraan yang beragam
77.
Faktor yang dapat memacu anak agar dapat cepat
berbicara diantaranya adalah keluarga, hal ini karena keluarga....
a. Selalu membimbing anak bicara c. Selalu banyak bicara
b. Lebih
dekat dengan anak d. Lebih
banyak pengalaman daripada anak
78. Perkembangan mora anak di mana anak menyesuaikan
diri pada peraturan-peraturan yang ada dalam kelompok dan disepakati bersama
oleh kelompok tersebut. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
a. Kohlberg c.
Parker
b. Piaget d.
Bruner
79.
Metode yg sesuai untuk kelas rendah dalam
mengembangkan moral melalui ....
a. Ceramah c.
Kelompok
b. Diskusi d.
bermain
80. Menurut Bambang Waluyo, pendidikan agama di
sekolah meliputi beberapa aspek penting, di antaranya adalah aspek ....
a. Pembentukan kepribadian c.
Penanganan masalah
b. Pengembangan
disiplin d.
Pengenalan ibadah
81.
Guru dapat mengembangkan kemampuan menemukan
pada siswa SD dengan cara melakukan kegiatan ....
a.
Permainan kata
b.
Bermain peran tentang profesi/ pekerjaan
c.
Membuat skema
d.
Percobaan ilmiah
82.
Contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru
untuk mengembangkan kemempuan menganalisis pada siswa SD adalah ....
a. Permainan teka-teki
b.
Permainan aneka jenis binatang
c.
Mengamati kebun sekolah
d.
Tanya jawab mengenai bencana alam
83.
Siswa diberi pengetahuan baru seputar jenis
tanaman berdasarkan bentuk daun, bentuk akar, tempat hidup, dan cara berkembang
biak, kemudian dipetakan ke dalam bentuk skema yang ada di pikiranya sehungga
anak terbiasa untuk berpikir berdasarkan skema-skema, merupakan contoh dari
penerapan pengembangan kemampuan ....
a. Mengamati c.
menganalisis
b. Mengorganisasikan d.
mengamalkan
84. Siswa diajak untuk melakukan praktik jual beli
di warung sekolah pada saat pembelajaran matematika, sehingga siswa memahami
kejadian yang berlangsung sehari- hari, merupakan salah satu contoh langkah yang
dapat dilakukan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan ....
a. Menemukan c.
Berlatih
b. Menghayati d.
mengorganisasikan
85.
Salah satu langkah yang paling tepat dilakukan
oleh guru dalm rangka mengembangkan kemampuan merangkai pada siswa SD adalah
....
a.
Membawa siswa ke kebun sekolah untuk mencari
aneka jenis bunga
b.
Menyuruh siswa merangkai bungan untuk pajangan
kelas
c. Mengajak siswa untuk melakukan percobaan dengan
menggunakan buah jeruk dan mangkuk yang berisi air
d. Melakukan permainan aneka jenis binatang berdasarkan karakteristiknya
86.
Guru dapat menggunakan teori humanistik yang
dikemukakan oleh CarL Rogers untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam hal
belajar ....
a. Mengorganisasikan c.
Mengamalkan
b. Meniru d.
menemukan
87.
Teori discoveru learning yang digunakan untuk
pengembangan kemampuan menemukan pada siswa SD dikemukakan oleh ....
a. Carl
Rogers c. Jerome S. Bruner
b. Paget d.
Vygotsky
88.
Siswa diberikan suatu permasalahan seputar
kejadian yang mungkin dialami mereka sehari-hari seperti, “tindakan apa yang
akan kamu lakukan apabila temanmu menggunakan uang SPP yang diberikan oleh
orang tuanya untuk membantu teman lain yang sedang kesusahan?” kemudian siswa
diberikan alternatif pemecahan masalah dan harus memilih di antara 4 pilihan,
seperti melaporkan kepada guru, mendiamkan saja, melaporkan kepada orang tua
siswa tersebut, atau tindakan lain disertai alasan dan penjelasanya. Kegiatan
tersebut lebih tepat digunakan guru unuk mengembangkan kemampuan ....
a. Memilih c. Membuat keputusan
b. Menganalisis d.
mengorganisasikan
89.
Siswa
diajak ke Ancol untuk melihat pertunjukan Lumba-lumba Hidung Botol, kemudian
diberikan LKS “Ayo Menjadi Detektif Samudra”, merupakan alternatif yang dapat
digunakan guru untuk mengembangkan kemampuan ....
a. Mengamati c.
Menghayati
b. Berlatih d.
meniru
90.
Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk
mengembangkan kemampuan menyimak pada siswa SD adalah ....
a.
Menggunakan metode ceramah pada saat menjelaskan
pelajaran
b.
Berdongeng pada saat engajarkan tentang nilai
moral yang terkandung di dalam suatu cerita
c. Memberikan permasalahan seputar kejadian yang
biasa terjadi di sekitar siswa kemudian menyuruh siswa menemukan solusinya
d. Memberikan pertanyaan mengenai musibah yang sering terjadi akhir-akhir
ini untuk mengetahui tanggapan yang akan diberikan oleh siswa
91.
Salah satu unsur penting yang terkandung dalam
pengertian motivasi adalah ....
a.
Energi seseorang yang nampak dari kegiatan
psikis
b.
Motor penggerak kegiatan
c.
Tujuan yang jelas sebagai bentuk dari kebutuhan
d. Rasa sebagai tanda awal munculnya motivasi
92.
Contoh pemenuhan kebutuhan untuk mewujudkan diri
sendiri adalah ....
a.
Melakukan kegiatan rekreasi
b.
Berbuat baik dan menyenangkan dalam kelompok
masyarakatnya
c. Mengikuti pelatihan tertentu agar mempunyai keterampilan
d.
Makan, minum, dan tidur
93.
Salah satu fungsi motivasi adalah sebagai ....
a.
Sarana untuk memuaskan kebutuhan individu
b. Instrumen dalam memilah-milah perilaku dan sikap dalam diri seseorang
c.
Pendorong pencapaian kebutuhan
d.
Tujuan dari pemenuhan kebutuhan
94.
Contoh motivasi intrinsik adalah seperti berikut
....
a. Rendi memerlukan uang ekstra saat mengikuti les
musik untuk mentraktir teman-temanya yang suka mengejek sebagai anak kikir
b. Banu tidak akan mau menjawab pertanyaan guru
sebelum diberi pujian terlebih dahulu
c.
Prita akan tidur dengan nyenyak apabila
mendengarkan lagu dari radio
d. Ani belajar dengan keras agar dapat lulus Ujian Akhir SD dan masuk SMP
yang diinginkannya
95.
Sandra merasa harus memacu dirinya untuk
menunjukkan prestasi pada saat Pak Bari mengatakan bahwa akan ada ulangan
selama 3 hari berturut-turut. Kata-kata Pak Bari tersebut merupakan jenis
motivasi....
a. Pemberian ulangan c.
Pemberian hukuman
b. Penciptaan
sasana kompetisi d. Penyampaian
tujuan pembelajaran
96. Bu Danu setiap hari mengawali pembelajaran
dengan bercerita tentang manfaat dari mempelajari suatu topik bagi kehidupan
para siswa sehari-hari. Apa yang dilakukan Bu Danu dapat dikategorikan dalam
jenis motivasi ....
a. Penyampaian
umpan balik c.
Penyampaian pujian
b. Penciptaan ego involvement d.Pembangkitan
minat & hasrat belajar
97. Para siswa yang mempunyai kecenderungan memiliki
gaya belajar visual, akan dapat memahami materi dengan cepat apabila
dikondisikan dengan cara ....
a.
Mendengarkan dan menganalisis isi percakapan
antara dua siswa
b.
Merangkai suatu bentuk bangun panjang yang
terpisah-pisah
c.
Diprdengarkan alunan musik klasik dan diminta
menganalisis jenis musiknya
d. Menganalisis denah lingkungan rumah yang dikemas dengan warna menarik
98. Citra adalah siswa yang menonjol ketika diminta
meguraikan bagian tubuh binatang amphibi melalui peragaan model katak. Citra
cenderung memiliki gaya belajar ....
a. Taktil c.
Visual
b. Audio d.
kombinasi
99. Kebiasaan guru yang dapat membangkitkan motivasi
belajar siswa adalah konsistensi. Maksud konsistensi adalah ....
a.
Penilaian secara terus menerus terhadap siswa
dengan alasan yang tepat
b.
Penciptaan suasana dan kondisi kelas sebagai
tempat untuk belajar
c.
Penerimaan kritik dari setiap siswa secara
terbuka
d. Penerapan aturan belajar di kelas yang telah disepakati antara guru dan
siswa secara ajeg setiap saat
100. Dengan
mengikuti kegiatan akademik dalam berbagai forum formal dan informal akan
menjadikan guru dapat memotivasi para siswanya karena ....
a. Membuka wawasan dan pola pikir, serta menumbuhkan kreativitas guru
sehingga guru dapat menularkan ide-idenya kepada siswa
b. Guru secara langsung lebih terampil dan pandai
sehingga ilmunya dapat diberikan kepada siswanya
c. Menjadikan guru sebagai sosok yang lapang dada
terhadap kritik karena terbiasa dengan kondisi diskusi terbuka
d. Guru dapat menceritakan pengalaman-pengalaman
menariknya untuk ditiru oleh siswa
101. Dari
beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli dapat disimpulkan bahwa pengertian bimbingan merupakan suatu ....
a. Proses membantu individu c.
Tuntunan terhadap individu
b. Proses
membantu siswa d.
Pengembangan potensi individu
102. Istilah
penyuuhan dianggap tidak cocok lagi sebagai terjemahan kata conseling, karena
konotasi dari kata tersebut adalah ....
a.
Lebih bersifat pemberian informasi
b. Lebih bersifat individual
c.
Mengandung arti negatif
d.
Digunakan di bidang pertanian
103. Salah
satu tujuan program bimbingan di SD adalah agar siswa memiliki perasaan positif
terhadap dirinya. Usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan perasaan
positif tersebut adalah ....
a. Setiap siswa memiliki ekurangan dan kelebihan
b.
Guru memberikan perlakuan yang sama kepada semua
siswa
c.
Anak yang pandai dan anak yang bodoh
diperlakukan sama
d.
Anak yang pandai duduk berdampingan dengan anak
yang bodoh
104. Usaha
yang dapat dilakukan pembimbing/guru agar anak menyadari makna dari
pembelajaran matematika antara lain ....
a.
Memberi PR sebanyak mungkin
b.
Menambah jam belajar matematika
c. Menunjukan fungsi matematika dalam kehidupan sehari-hari
d.
Memperkenalkan tokoh-tokoh penting dalam bidang
maematika
105. Melihat
kemampuan yang ditunjukan Adi, Pak Budi menyarankan agar Adi dimasukan klub
sepak boal di kotanya. Yang dilakukan Pak Budi merupakan fungsi bimbingan
sebagai ....
a. Pencegahan c.
Pengembangan
b. Perbaikan d.
pengungkapan
106. Usaha
untuk membangkitkan kesadaran akan kekuatan dan potensi siswa merupakan fungsi
....
a. Perkembangan c.
Perbaikan
b. Pencegahan d.
penyaluran
107. Setiap
siswa di kelas memperoleh layanan yang sama sesuai dengan kebutuhan yang
diperlukan. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
a. Bimbingan untuk semua
b.
Program bimbingan dialkukan untuk bersama
c.
Fokus bimbingan untuk aset
d.
Bimbingan dilakukan secara informal
108. Pada
pelaksanaan program bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, peran guru adalah
....
a. Pembimbing utama c.
Pengajar
b. Pengumpul
data d.
Pembantu kepala sekolah
109. Berikut
ini adalah ciri-ciri yang dapat dipakai sebagai petunjuk tentang anak berbakat,
kecuali ....
a.
Prestasi belajar diatas rata-rata
b.
Memiiki jiwa kepemimpinan tinggi
c.
Skor IQ di atas 130
d. Skor IQ di atas 100
110. Istilah
yang digunakan untuk menunjukkan anak yang mampu memberikan berbagai macam
jawaban atau beralih dari satu macam respons ke respons lain adalah ....
a. Kelancaran c.
Kemurnian
b. Kelenturan d.
ketepatan
111. Tujuan
yang ingin dicapai dengan layanan khusus terhadap anak berbakat antara lain
agar anak tersebut ....
a. Tidak
menganggu anak lain c. Potensi berkembang optimal
b. Prestasi
belajar lebih baik d.
Mampu berkompetensi dg anak lain
112. Contoh
program kelas pengayaan dalam rangka layanan terhadap anak berbakat adalah ....
a. Deden yang baru kelas 3 belajar matematika bersama anak kelas 4
b.
Pada saat peljaran matematika, didatangkan guru
khusus
c.
Pada saat pelajaran matematika, deden masuk
kelas khusus
d.
Deden diberi tugas untuk mengerjakan tugas
tambahan
113. Siswa
berbakat diberi kesempatan untuk menerjakan proyek IPA. Layanan ini termasuk
....
a. Adaptasi
program c.
Program pengayaan
b. Adaptasi lingkungan d.
Pencanggihan materi
114. Anak
penyandang kelainan fisik yang tidak mungkin bergabung pada sekolah biasa
adalah ....
a. Tunarungu c.
tunadaksa
b. Tunawicara d. tunagrahita
115. Perilaku
menyimpang yang ditunjukan oleh anak SD, kemungkinan dapat disebabkan oleh ....
a. Merasa tidak dihargai oleh teman-temannya
b.
Merasa dirinya cukup pandai
c.
Posisi dalam keluarga sebagai anak tunggal
d.
Posisi dalam keluarga sebagai anak bungsu
116. Anak
penyandang tuna laras dapat diketahui dengan cara ....
a.
Menanyakan kepada orang tua anak
b.
Melakukan tes kesadaran
c. Mengamati perilakunya
d.
Melihat prestasi belajarnya
117. Kompetensi
dapat didefinisikan sebagai tindakan cerdas dan bertanggung jawab yang
ditunjukan oleh seseorang dalam bidang tertentu, sebagai bukti bahwa dia
kompeten dalam bidang tersebut. Tindakan cerdas dan bertanggung jawab tersebut
dilandasi oleh penguasaan ....
a.
Ilmu yang luas dan mendalam serta keterampilan
b.
Ilmu yang relevan dalam bidangnya
c.
Keterampilan dan sikap yang memadai dalam bidang
terkait
d. Pengetahuan, keterampilan, serta sikap nilai yang relevan
118. UU
No. 14/2005 tentang guru dan dosen menetapkan guru sebagai pendidik
profesional, di antara pekerjaan berikut, manakah yang dapat disebut sebagai
pekerjaan profesional?
a. Sopir
taksi c.
Pembantu rumah tangga
b. Dokter bedah d.
Pedagang asongan
119. Berdasarkan
latar tugas seorang guru SD, kompetensi guru SD dapat dikelompokan menjadi
rumpun kompetensi ....
a. Pemahaman tentang peserta didik, penguasaan bidang studi,
penyelenggaran pembelajaran yang mendidik, dan pengembangan profesionalitas
secara berkelanjutan
b.
Pendagogik, kepribadian, profesional, sosial
c.
Kepribadian, sosial, profesional, pendagogik
d.
Penguasaan bidang studi secara mendalam,
pembelajarn yang mendidik, pemahaman tentang peseta didik, dan kemampuan
mengembangkan diri secara terus menerus
120. Contoh-contoh
kompetensi yang masuk dalam rumpun kompetensi: “penyelenggraan pembelajaran
yang mendidik”, adalah sebagi berikut, kecuali mampu ....
a.
Mengembangkan kurikulum dan pelajaran lima mata
pelajaran SD/MI, secara keatif dan produktif
b.
Merancang pembelajaran yang mendidik
c. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan
komunikasi, pembelajaran, dan pengembangan wawasan
d.
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik
121. Kompetensi
yang dikuasai oleh lulusan S1 PGSD, tetapi tidak dikuasai oleh lulusan D II
PGSD, antara lain sebagai berikut, kecuali ....
a.
Mampu melakukan kegiatan untuk mengembangkan
substansi dan metodologi dasar keilmuan lima mata pelaaran SD/MI
b. Memahami karakteristik anak usia SD/MI dalam penggalan kelompok usia
tertentu (kelas awal dan kelas lanjut)
c.
Mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran
lima mata pelajaran SD/MI secara kreatif dan inovatif
d.
Mampu beradaptasi di tempat bertugas di seluruh
wilayah republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya
122. Cara
yang paling tepat untuk mengakses penguasaan kompetensi : “ mampu melaksanakan
pembelajaran yang mendidik” adalah ....
a.
Memberikan tugas mengajar mata pelajaran SD dan
kemudian memberikan soal-soal yang erkaitan dengan keterampilan dasar mengajar
b.
Menugaskan calon guru menyusun rencana pembelajaran
yang kemudian dinilsi dengan mnggunakan APKG
c. Menugaskan calon guru mengajar dan mengamatinya dengan menggunakan APKG
d.
Memberikan tes tertulis tentang konsep
pebelajaran yang mendidik dan terapannya di dalam kelas
123. Cara
yang paling tepat untuk mengakses kompetensi dasar siswa SD : “dapat membuat
petunjuk tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar”
adalah dengan....
a. Tes
objektif c.
Tes uraian
b. Tugas menulis petunjuk d.
Pengamatan ketika menulis petunjuk
124. Contoh indikator dari kompetensi: “memahami
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik”, adalah dapat ....
a. Menjelaskan peranan motivasi dalam pembelajaran
b.
Merumuskan tujuan pembelajaran
c.
Menjabarkan pertanyaan ke seluruh kelas
d.
Menyusun instrumen penilaian
125. Kompetensi
kepribadian dan kompetensi sosial seorang guru dapat diakses melalui ....
a.
Tes kepribadian
b.
Memberikan tugas-tugas kemasyarakatan
c. Pengamatan ketika guru mengajar dan pergaulan sehari-hari
d.
Pengamatan karya-karya guru yang tersebar di
masyarakat
126. Pada
dasarnya, semua kompetensi guru secara utuh tercermin dalam ....
a. Perilaku
guru sehari-hari c. pergaulan dimasyarakat
b. Kinerjanya sebagai guru d.
Partisipasinya dalam pendidikan
127. Peningkatan
profesionalitas guru merupakan upaya untuk ....
a.
Membuat guru menjadi lebih pintar
b.
Menaikkan kesejahteraan guru
c. Meningkatkan penguasaan kompetensi guru
d.
Meningkatkan mutu pendidikan
128. Seorang
guru yang ingin meningkatkan profesionalitasnya dapat mngikuti berbagai
kegiatan berikut, kecuali ....
a.
Melakukan refleksi terhadap kinerjanya sendiri
b.
Mengikuti arisan sekolah
c.
Membaca berbagai buku tentng pembelajaran di SD
d.
Mengikuti pelatihan pembelajaran
129. Kemampuan
profesionali guru dapat dikatakan meningkat jika ....
a.
Guru naik pangkat secara teratur
b.
Guru aktif dalam berbagai kegiatan pendidikan
c.
Siswa betah mengikuti pembelajaran
d. Proses dan hasil belajar siswa meningkat
130. Untuk
meningkatkan profesionalitas, guru dapat menyalurkan keinginannya melalui
berbagai forum atau wadah berikut, kecuali ....
a. Kolompok Pencinta Alam c.
Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan
b. Kelompok
Kerja Guru d.
Klinik Pembelajaran
131. Menjelang
hari ULTAHnya, PGRI Kabupaten X menyelenggarakn berbagai kegiatan seperti
pertandingan olah raga antarkecamatan, menulis karya ilmiah yang bertemakan
“sumbangan pendidikan bagi kesejahteraan masyarakat desa”, menerapkan PAKEM
dalam pembelajaran, memberikan sumbangan dana untuk pembangunan kantor PGRI.
Jika seorang guru ingin meningkatkan profesionalitasnya sebagai guru SD,
kegiatan mana yang paling tepat diikuti?
a. Pertandingan
Olah Raga
b. Perlombaan
menulis karya ilmiah
c.
Perlombaan menerapkan PAKEM
dalam pembelajaran
d. Mengumpulkan
dana untuk pembangunan kantor PGRI
132. Pak
Sutarno, guur SD mMekarwangi, mempunyai pengalaman yang sangat menarik ketika
menangani seorang anak yang sering membuat keributan di kelas. Pak Sutarno
berhasil membuat anak ini menjadi betah belajar dan tidak lagi mengganggu
teman-temannya. Olehkarena itu, Pak Sutarno ingin pengalaman tersebut diketahui
oleh para guru SD diseluruh nusantara. Keterampilankomputer Pak Sutarno cukup
lumayan setelah belajar dari anak-anaknya yang sangat mahir dalam komputer.
Wadah atau forum mana yang paling tepat digunakan Pak Sutarno untuk menyalurkan
keinginan tersebut?
a. Klinik Pembelajaran c.
Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan
b. Kelompok
kerja Guru d.
Prsatuan Guru Republik Indonesia
133. Anda
merasa mempunyai masalah dalam menyajikan nilai-nilai yang terkandung dalam
PKn. Anak sering hanya dapat menghafal nilai-nilai tanpa memahami apa maknanya
dan bagaimana terapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan masalah
yang Anda hadapi, sebagai seorang anggota KKG, kegiatan apa yang akan anda
ususlkan untuk dijadikan agenda dalam kegiatan KKG?
a.
Melakukan studi banding ke SD lain
b.
Menyelenggarakan lomba mengajar PKn
c. Mengadakn pelatihan pembelajaran PKn dengan mengundang pakar untuk
memoelkan pembelajaran PKn
d.
Menyelenggarakan pelatihan merencanakan
pembelajaran PKn dengan pendekatan PAKEM
134. Kursus
komputer emrupakan salah satu cara yang dapat ditempuh guru sebagai jembatan
untuk meningkatkan profesionalitasnya. Dikaitkan dengan peningkatan
profesionalitas guru, keuntungan apa yang dapat anda peroleh dengan mengikuti
kursus komputer?
a.
Keterampilan komputer untuk
berkomunikasi secara online sehingga mampu mengakses berbagai informasi yang
berkaitan dengan pendidikan SD
b.
Teman-teman baru dari masyarakat umum yang dapat
memberi masukan dan berbagai pengalaman tentang pendidikan SD
c.
Keterampilan berkomunikasi online
d.
Keterampilan merakit komputer
135. Keterlibatan
guru dalam berbagai kegiatan seperti memberikan penyuluhan, membantu
pemberantasan buta aksara, atau menjadi panitia pemungutan suara merupakan
kegiatan yang dapat meningkatkan profesionalitas karena kegiatan-kegiatan
tersebut berkaitan dengan ....
a.
Tugas guru sehari-hari
b. Kompetensi: berkontribusi dalam program pendidikan di tingkat lokal dan
regional
c.
Kemampuan guru mengembangkan wawasan global
d.
Tugas kemasyarakatan yang waijb dilakukan guru
sebagai bagian dari masyarakat di sekitarnya
136. Jika
Anda ingin memperluas wawawsan Anda tentang masalah-masalah pendididkan SD, Anda
daat mengikuti kegiatan-kegiatan berikut, kecuali ....
a. Seminar Pendidikan Nasional
b.
Lokakarya Penanganan tentang Masalah-masalah
Pendidikan di SD
c.
Diskusi Panel tentang Masalah-masalah Pendidikan
SD
d.
Seminar tentang Putus Sekolah
137. Dalam
keseluruhan proses pendidikan, kurikulum merupakan ....
a.
Cara untuk melaksanakan proses pendidikan
b.
Kumpulan materi yang harus disampaikan
c. Panduan dalam menyelenggarakan pendidikan
d.
Dokumen yang harus dimiliki pendidik
138. Relevansi
internal dalam pengembangan kurikulum mengacu pada ....
a.
Kesesuaian kurikulum dengan tugas perkembangan
peserta didik
b. Konsisten antarkomponen kurikulum
c.
Kemampuan kurikulum megikuti perkembangan
masyarakat
d.
Kesesuaian kurikulum dengan kondisidan situasi
sekolah
139. Kurikulum
yang dikembangkan hendaknya dapat dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Pernyataan tersebut berkenaan dengan salah satu prinsip
pengembangan kurikulum yaitu prinsip ....
a. Relevansi c.
Efektivitas
b. Efisiensi d.
berkesinambungan
140. Dalam
pengembangan kurikulum prinsip fleksibilitas menuntut kurikulum untk ....
a.
Sesuai dengan tuntutan masyarakat
b.
Sesuai dengan tugas perkembangan peserta didik
c. Dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah
d.
Dapat di implementasikan dengan lancar dan
optimal
141. Yang
menjadi acuan utama dalam menentukan keberhasilan peserta didik adalah
ketercapainya ....
a. Standar kompetensi kelulusan c.
Kompetensi dasar
b. Standar
kompetensi d.
Indikator hasil belajar
142. Melalui
pembelajaran PKn di SD diharapkan siswa mampu berpikir kritis dan bertanggung
jawab terhadap hak dan kewajibannya sebagai siswa di kelasnya. Kemampuan
tersebut merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa SD yaitu
kemampuan ....
a.
Kemelekwacana kewarganegaraan
b.
Berkomunikasi tentang budaya kewarganegaraan
c.
Pemecahan masalah kewarganegaraan
d.
Penalaran kewarganegaraan
143. Pengembangan
keterampilan mendengarkan, berbicaar, membaca, dan menulis dalam bahasa
Indonesia di SD dilakukan secara terpadu dengan menggunakan berbagai wacana
atau kasus sesuai dengan tema yang dibahas. Hal ini sesuai dengan salah satu
karakteristik bahasa Indonesia yaitu ....
a. Penggunaan bahasa terjadi dalam konteks
b.
Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional
c.
Belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi
d.
Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi
144. Tujuan
pembelajaran matematika adalah peserta didik mampu ....
a. Menggunakan konsep matematika untuk memecahkan masalah
b.
Menemukan konsep matematika secara deduktif
c.
Mengontruksi relasi antarkonsep matematika
d.
Memahami konsep matematika dalam kehidupan
sehari-hari
145. Pembelajaran
IPA di SD hendaknya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk ....
a. Memperoleh pengalaman langsung
b.
Mengikuti percobaan
c.
Melaksanakan diskusi
d.
Melakukan pengamatan
146. Penguasaan
kemampuan berkomunikasi dalam mata pelajaran IPS di SD ditunjukan dengan
kemampuan siswa dalam ....
a.
Memahami berbagai fenomena sosial yang beranfaat
untuk berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat
b. Menjelaskan fenomena sosial yang terjadi dengan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
c.
Memecahkan masalah sosial yang terjadi dengan menggunakan
berbagai konsep, keterampilan, nilai, dan sikap moral
d.
Membiasakan diri peka dan adaptif tetapi kritis
terhadap lingkungan sosial
147. KTSP
merupakan kurikulum yang bersifat lokal tetapi berorientasi nasional karena
KTSP dikembangkan ....
a. Berdasarkan SKL dan standar ISI serta memperhatikan potensi peserta
didik dan masyarakat sekitar sekolah
b.
Oleh Tim Penyusun dari sekolah yang telah
ditatar secara nasional
c.
Di maing-masing sekolah dengan menggunakan nara
sumber tingkat naisonal
d.
Untuk mencapai tujuan pendidikn nasional yang
sesuai dengan karakteristik sekolah
148. Komponen
inti dari dokumen KTSP pada SD adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. Standar Kompetensi Lulusan SD dan Standar Isi
b.
Tujuan Pendidikan SD
c.
Struktur dan Muatan Kurikulum SD
d.
Kalender Pendidikan SD dan Silabus
149. Salah
satu alasan kurikulum perlu dikembangkan pada tingkat satuan pendidikan adalah
karena kurikulum ....
a.
Merupakan seperangkat rencana dan pengaturan
penyelenggaraan pendidikan
b. Harus berorientasi pada lingkunganterdekat dengan peserta didik
c.
Sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran di
sekolah
d.
Merupakan perangkat pendidikan untuk mencapai
tujuan pendidikan
150. Langkah
awal dalam analisis konteks dalam penyusunan KTSP adalah ....
a.
Mengidentifikasi kondisi sekolah
b.
Mengenali karakteristik peserta didik
c.
Mengkaji standar kompetensi
lulusan dan standar Isi
d.
Merumuskan standar kompetensi dan kompetensi
dasar
151. Kurikulum
untuk suatu jenjang pendidikan sebelumnya serta mencakup seluruh dimensi
kompetensi, bidang kajian keilmuan, dan mata pelajaran. Pernyataan tersebut
berkenaan dg salah satu prinsip pengembangan KTSP yaitu prinsip ....
a.
Beragam dan terpadu
b.
Relevan dengan kebutuhan hidup
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d.
Belajar sepanjang hayat
152. Rumusan
indikator pencapaian kompetensi adalah perubahan perilaku yang diharapkan
ditunjukkan peserta didik yang dijabarkan dari ....
a. Standar
Kompetensi c.
Materi Pokok
b. Kompetensi Dasar d.
Pengalaman Belajar
153. Penerapan
prinsip relevansi dalam penyusunan silabus menuntut guru untuk ....
a. Menentukan cakupan dan urutan penyajian materi berdasarkan tingkat
perkembangan siswa
b.
Mengembangkan komponen-komponen silabus yang
menunjang tercapainya kompetensi
c.
Menetapkan pengalaman belajar yang sesuai untuk
mencapai kompetensi
d.
Memilih sumber belajar yang sesuai dengan
perkembangan IPTEK terkini
154. Antarkomponen
dalam silabus hndaknya menunjukkan hubungan yang ajeg atau taat asas.
Pernyataan ini merupakan salah satu prinsip penyusunan silabus yaitu prinsip
....
a. Sistematis c.
Memadai
b. Konsistensi d.
fleksibel
155. Apabila
di SD tidak ada konselor, Tim Penyusun KTSP pada SD adalah ....
a.
Kepala sekolah dan komite sekolah
b. Guru dan komite sekolah
c.
Guru dan kepala seolah
d.
Kepala sekolah dan pengawas
156. Dokumen
KTSP pada SD dapat diberlakukan apabila telah mendapat persetujuan dari ....
a. Kepala
sekolah c.
Dinas pendidikan tingkat kabupaten/kota
b. Komite
seolah d.
Dinas pendidikan tingkat provinsi
157. Bahan
ajar berisi materi pelajaran yang ....
a.
Harus diajarkan guru di kelas
b. Digunakan siswa untuk mencapai tujuan
c.
Disajikan dalam buku teks
d.
Harus dipelajari siswa secara mandiri
158. Bahan
ajar yang sering digunakan guru dalam pembelajaran adalah buku ....
a.
Referensi dan lembar kerja siswa
b.
Kerja siswa dan alat peraga
c. Teks dan buku kerja siswa
d.
Teks dan buku referensi
159. Bahan
ajar yang termasuk ke dalam kategori manipuatives adalah ....
a.
Alat peraga yang digunakan guru untuk
mendemonstrasikan sesuatu
b. Berbagai bentuk geometri dari kayu yang digunakan siswa
c.
Berbagai jenis tanaman yang ada di taman sekolah
d.
Media pembelajaran yang dipajang di dalam kelas
160. Pembelajaran
yang berorientasi pada buku teks adalah pembelajaran yang ....
a.
Menuntut siswa untuk mendiskusikan materi dalam
buku teks
b.
Menggunakan buku teks sebagai referensi
c.
Memanfaatkan materi dalam buku teks sebagai
bahan penunjang
d. Mengajarkan semua materi yang ada dalam buku teks
161. Materi
pelajaran yang dierikan kepada siswa dalam bentuk lembaran lepas disebut ....
a. Referensi c. Handout
b. Transparansi d.
Suplemen
162. Berikut
ini adalah komponen-komponen yang harus ada dalam buku teks sebagai bahan ajar,
kecuali ....
a. Tujuan
pembelajaran c.
Alat evaluasi
b. Uraian
materi dan contoh d. Petunjuk penilaian
163. Bahan
ajar unuk mata pelajaran IPA hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk
....
a.
Mencari sumber belajar yang ada disekitar
sekolah
b. Melakukan pengamatan dan/ percobaan
c.
Berdiskusi dalam kelompok kecil
d.
Menilai sendiri penguasaanya terhadap tujuan
164. Berikut
ini adalah beberapa kelemahan yang ada dalam buku teks SD, kecuali ....
a. Tidak tersedianya kunci jawaban dari alat evaluasi
b.
Ketidaksesuaian antara materi yang disajiakn
dengan kurikulum
c.
Terdapat konsep yang salah
d.
Penggunaan kata-kata yang sulit dipahami siswa
165. Pengembangan
bahan ajar dapat dilakukan dengan cara ....
a.
Mengadaptasi dan mengadopsi
b.
Menerjemahkan dan kompilasi
c. Menulis sendiri dan menggunakan yang ada
d.
Merangkum dan menyadur
166. Dasar
utama penulisan bahan ajar adalah ....
a. Kompetensi yangdiharpakan dikuasai siswa
b.
Cakupan materi yang harus dipelajari siswa
c.
Waktu yang dimiliki siswa untuk belajar
d.
Kemampuan awal yang dimiliki siswa
167. Ilustrasi
yang digunakan dalam bahan ajar hendaknya ....
a.
Menunjukan manfaat materi yang disajikan
b.
Menarik perhatian siswa
c. Memperjelas uraian materi
d.
Mengunakan gambar yang bervariasi
168. Komponen
evaluasi dalam bahan ajar disediakan untuk membantu siswa ....
a. Mengukur tingkat penguasaan terhadap materi
b.
Menerapkan materi yang sudah dipelajari
c.
Melatih kemmapuan menghafal
d.
Memantapkan penguasaan siswa terhadap materi
169. Komponen
LKS yang berisi langkah-langkah yang harus dilakukan siswa untuk melakukan
tugas adalah ....
a. Cara kerja c.
Materi/ sumber
b. Hasil
yang diharapkan d.
Tindak lanjut
170. Kriteria
psiko-pedagogis dalam pemilihan bahan ajar menuntut agar bahan ajar yang
dipilih ....
a.
Dapat membantu siswa memahami bidang ilmu
b. Sesuai dengan proses terjadinya belajar
c.
Membantu tercapainya tujuan pendidikan
d.
Sesuai dengan sarana dan prasarana
171. Tersedianya
kegiatan yang menuntut partisispasi aktif siswa merupakan kriteria pemilihan
bahan ajar yang berkenaan dengan ....
a. Tujuan c.
Konteks
b. Kelompok
target d.
Proses belajar
172. Kebenaran
konsep yang disajikan bahan ajar merupakan salah satu kriteri yang berkenaan
dengan ....
a.
Tujuan c.
Konteks
b.
Kelompok target d.
Proses belajar
173. Salah
satu contoh kriteria pemilihan bahan ajar yang berkenaan dengan kelompok target
adalah ....
a. Kesesuaian deng tingkat perkembangan siswa
b.
Kemutahkiran materi yang disajikan
c.
Mampu memotivasi belajar siswa
d.
Harga yang kometitif
174. Suatu
buku kerja dianggap telah memenuhi kriteria keterbacaan apabial isi bku kerja
tersebut ....
a.
Sesuai dengan indikator hasil belajar
b. Menggunakan kata-kata yang dipahami siswa
c.
Membantu siswa menguasai kompetisi
175. Salah
satu kendala penting penyebab terbatasnya sarana dan prasarana adalah ....
a.
Rendahnya kesadaran pihak sekolah dalam merawat
gedung yang ada
b. Kurang maksimalnya perhatian Pemerintah, baik pusat maupun daerah
c.
Rendahnya kinerja persatuan orang tua murid
d.
Kurang tertatanya manajemen sekolah
176. Dalam
hal keterjangkauan wilayah, scara sederhana, para guru yang mengajar di daerah
terpencil dapat disemangati dengan cara memberikan ....
a. Kepastian tunjangan insentif khusus
b.
Penghargaaan guru teladan oleh pemerintah
c.
Kelayakanhidup dan tunjangan kesejahteraan
d.
Insentif bulanan
177. Selama
ini, para guru sering mengikuti penataran atau kegiatan peningkatan
profesionalitas lainnya, tetapi dalam kenyataannya, pasca kegiatan berlangsung,
di antara mereka tetap saja sulit berubah. Hal ini terjadi karena ....
a.
Mereka kesulitan menyediakan media pembelajaran
b.
Segala sarana dan prasarana yang mereka perlukan
tidak tersedia
c.
Keinginan untuk mempelajari berbagai metode
dianggap terlalu sulit
d. Sebagian di antara mereka tidak mengubah pola pikir yang dimiliki
178. Ada
banyak alasan yang menjadi penyebab masih rendahnya kompetensi guru, di
antaranya adalah masih adanya guru yang tidak berkualifikasi sesuai
yangdipersyaratkan menjadi guru. Hal ini terjadi karena ....
a. Kurangnya guru karena faktor keterbatasan yang tidak merata
b.
Kualitas guru yang tidak profesional
c.
Kondisi lingkungan yang memang memerlukan guru
d.
Keinginan parasiswa untuk diajar oleh guru
tertentu
179. Untuk
menjaga kualitas pembelajaran, guru yang memiliki latarbelakang tidak sesuai
dengan keahlian yang harus dipenuhi, anda menyarankan agar ....
a.
Dalam masa-masa tertentu, fungsi
supervisi klinis harus dapat dilaksankan dengan baik
b.
Memprioritaskan guru tersebut untuk menempuh
studi lanjut yang sesuai dengan dipersyaratkan
c.
Pihak sekolah harus mencari alternatif pengganti
di masa yang akan datang
d.
Dalam masa-masa tertentu, guru yang bersangkutan
harus mengikuti pelatihan/kursus yang relevan
180. Seringkali
terdengar keluhan dari guru yang merasa belum mampu menyediakan pembelajaran
karena alasan “klasik” yakni, mahal. Padahal, media pembelajaran seharusnya
dapat ....
a.
Disusun untuk materi yang paling penting saja
b.
Menggunakan media yang berbiaya murah
c. Memanfaatkan berbagai hal yang tersedia di sekitar sekolah
d.
Memanfaatkan media yang mendukung materi
tertentu
181. Bagi
guru di daerah terpencil, meskipun tidak boleh terjadi, dapatlah dikatakan
wajar jika pembelajaran yang dilakukan agak kurang baik. Hal ini terjadi karena
....
a. Keterbatasan segala fasilitas dan sarana pendukung, hasil yang ideal
tentu merupakan pekerjaan yang cukup sukar dipenuhi
b.
Konteks pembelajaran, yang penting adalah
bagaimana proses pembelajaran dapat berlangsung
c.
Keterbatasan mestinya kualitas tetap menjadi hal
yang utama
d.
Konteks pembelajaran, sering kali terjadi
kesenjangan antara yang ideal dengan yang terjadi
182. Di
beberapa daerah terpencil, sering ditemukan guru yang mengajar lebih dari satu
kelas, bahkan ada SD yang hanya diajar oleh dua orang guru. Untuk itu, mereka
perlu dibekali dengan strategi pembelajaran yang mendasarkan pada teori tentang
....
a. Penelitian
tindakan kelas c.
Multikulturalisme
b. Pembelajaran kelas rangkap d.
Pembelajaran kontekstual
183. Jika
melihat sarana dan prasarana yang tersedia, secara umum, kondisi fisik bangunan
SD di Indonesia ....
a.
Sebagian besar tidak memenuhi syarat
b.
Semuanya telah memenuhi standar minimum
c. Ada yang sangat terbatas fasilitasnya, tetapi banyak pula yang baik
d.
Sebagian kecil kurang baik, tetapi sebagian
besar juga belum memenuhi persyaratan
184. Potret
pembelajaran SD di Indonesia dapat dimaknai sbg sebuah kondisi yang ....
a. Cukup baik karena tidak semua SD memiliki keterbatasan sarana-prasarana
dan kendala dalam pembelajaran
b.
Baik karena perbandingan antara yang baik dengan
jelek tetap lebih banyak yang baik
c.
Sangat baik karena kondisi yang memiliki keterbatasan
sarana-prasarana dan kendala pembelajaran sangat kecil
d.
Kurang baik karena kondisi yang jelek lebih
banyak daripada yang baik
185. pembelajaran
kontekstual merupakan salah satu strategi pembelajaran yang berkaitan dengan
hal-hal berikut, kecuali ....
a.
fenomena kehidupan sosial masyarakat
b.
fenomena dunia pengalaman dan pengetahuan siswa
c. kelas sebagai fenomena alam
d.
kelas sebagai sarana interaksi guru dengan siswa
186. Pembelajaran
konekstual pada hakikatnya adalah konsep belajar yang membantu guru untuk ....
a.
Mengaitkan antara materi yang
diajarkan dengan situasi nyata
b.
Menghubungkan antara materi tertentu dengan
situasi nyata
c.
Menerapkan strategi yang membantu siswa
d.
Menjelaskan keterkaitan antara materi dengan
praktik
187. Pembelajaran
kontekstual didasarkan pada hasil penelitian ....
a. Gagne c.
Vygotsky
b. Gibson d.
John Dewey
188. Dalam
pembelajaran kontekstual, yang diituntut untuk menyusun rencana pribadi tentang
apa yang dikerjakan bersama siswanya. Artinya, sang guru harus menyusun ....
a.
Rencana pembelajaran yang mengacu pada tema yang
terdapat dalam silabus
b.
Deskripsi rencana pertemuan mingguan secara
rinci
c.
Skenario pembelajaran, tujuan, media yang
digunakan, dan alat evaluasi
d. Skenario, tahap demi tahap, tentang apa yang dilakukan bersama siswanya
sehubungan dengan topik yang diajarkan
189. Kontekstualisasi
dalam PAKEM lebih ditekankan pada proses ....
a. Elaborasi, eksplorasi, dan imitasi
b.
Elaborasi, pengenalan, dan me-rekreasi
c.
Eksplorasi, imitasi, dan me-rekreasi
d.
Mengenal, menikmati, dan menanggapi
190. PAKEM
berupaya mendekatkan anak pada lingkungan budaya yang ada sehingga perspektif
teoritis yang layak dipertimbangkan kontekstual dengan tetap mempertimbangkan
.....
a.
Fungsi dan makna kerja sama
b. Fungsi-fungsi dan makna kerja sama
c.
Toleransi terhadap suasana yang beragam
d.
Kemampuan menimbang berbagai alternatif yang ada
191. Dalam
PAKEM, sarana pertanyaan pemancing yang mesti disampaikan adalah dimulai dengan
....
a. Apa
yang disebut dengan ...? c Apa yang terjadi seandainya ...?
b. Berapa
lama ....? d.
Kapan alat ....?
192. Model
pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok disebut pembelajaran
....
a. PAKEM c.
Kontekstual
b. Kooperatif dan kolaboratif d.
Active learning
193. Teori
kontruktivisme yang menjadi dasar dalam pembelajaran kooperatif dan kolaborasi
adalah konstruktivisme yang dikembangkan oleh ....
a. Vygotskin c.
Gagne
b. John
Dewey d.
Gibson
194. Salah
satu langkah pembelajaran kooperatif dan kolaboratif adalah pembelajaran
berbasis masalah. Dalam konteks ini para siswa diminta untuk ....
a.
Menganalisis berbagai sudut pandang terhadap
suatu masalah yang di bahas
b.
Mencari, menganalisis, dan menggunakan informasi
tanpa banuan guru
c.
Menerapkan informasi akademik dalam suasana yang
nyata
d. Mengobservasi suatu fenomena dan mencatat permasalahan-permasalahan
yang muncul
195. Evaluasi
program yang dilakukan terhadap satu kebijakan dapat menjawab berbagai
pertanyaan berikut, kecuali ....
a.
Bagaimana dampak kebijakan tersebut bagi
masyarakat luas?
b.
Apakah kebijakan tersebut diterapkan secara
benar?
c. Siapa yang menggagas kebijakan tersebut?
d.
Apakah dana yang disediakan memadai?
196. Evaluasi
program pembelajaran di SD bertujuan untuk mengetahui hal-hal berikut ini,
kecuali ....
a.
Kesesuaian antara metode pembelajaran dengan
anak usia SD
b. Kepuasan orang tua siswa terhadap prestasi anaknya
c.
Ketepatan waktu yang disediakan untuk kerja
kelompok
d.
Kesesuaian media yang digunakan dengan topik
yang disajikan
197. Pak
Daniel mengajar kelas 5 SD Lebakwangi. Pada setiap akhir pelajaran, pak Daniel
selalu mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui kesan para siswa,
Pak Daniel biasanya melakukan berbagai perubahan pada pelajaran berikutnya.
Tindakan yang dilakuakan Pak Daniel pada akhir pelajaran tersebut bertujuan
untuk mengetahui kualitas ....
a. Proses pembelajaran c.
Rencana pembelajaran
b. Media
pembelajaran d.
Hasil belajar siswa
198. Evaluasi
program yang dilakukan guru secara teratur memungkinkan guru ....
a.
Mengetahui kualitas pembelajaran yang menjadi
tanggung jawabnya
b.
Terbiasa melakukan refleksi
c.
Meperbaiki kleemahan dalam pembelajaran
d. Mengembangkan profesionalitas sebagai guru
199. Manfaat
evaluasi program pembelajaran bagi sekolah antara lain ....
a.
Prestasi siswa akan meningkat
b.
Hubungan antara guru dan siswa menjadi semakin
akrab
c. Pertanggungjawaban kepada masyarakat dapat dilakukan lebih mantap
d.
Angka putus sekolah dapat ditekan
200. Jika
evaluasi program pembelajaran tidak pernah dilakukan, akan muncul berbagai
kerugian, di anataranya sebagai berikut, kecuali ....
a. Guru tidak termotivasi untuk belajar
b.
Kualitas pembelajran tidak pernah diketahui
c.
Tidak ada upaya dari guru untuk melakukan
perbaikan
d.
Siswa akan belajar secara rutin
201. Evaluasi
program pembelajaran di tingkat kelas, dapat dilakukan oleh guru dengan
berbagai cara, antara lain sebagai berikut, kecuali ....
a.
Menganalisis hasil ulangan siswa
b. Berdiskusi dengan guru lain
c.
Melakukan refleksi
d.
Berdialog dengan siswa tentang proses
pembelajaran yang dihayati
202. Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru dapat merupakan evaluasi program
pemblajaran karena berbagai alasan berikut, kecuali ....
a.
PTK bertolak dari masalah pembelajaran yang di
identifikasi oleh guru
b. Dalam PTK guru dapat berkolaborasi dengan guru lain
c.
Pada akhir setiap siklus PTK dilakukan refleksi
d.
Refleksi yang dilakukan dengan benar akan dapat
menemukan kelemahan dan kekuatan pembelajaran
203. Pada
umumnya, evaluasi program pembelajaran di tingkat sekolah dilakukan melalui
....
a.
Kunjungan kepala sekolah ke kelas
b.
Pembentukan tim evaluasi
c.
Laporan tertulis dari setiap guru
d. Laporan tentang kemajuan siswa pada rapat guru
204. Idealnya,
evaluasi program pembelajaran pada tingkat sekolah dilakukan secara formal
dengan membentuk satu tim, yang terdiri dari ....
a. Guru, kepala sekolah, dan komite
sekolah
b.
Guru, siswa, dan masyarakat luas
c.
Kepala sekolah, siswa, dan komite sekolah
d.
Kepala sekolah, komite sekolah, dan masyarakat
205. Evaluasi program pembelajaran oleh guru di
kelasnya sendiri, dilakukan pada ....
a. Akhir
semester c.
Refleksi terhadap proses pembelajaran
b. Analisis
rencana pembelajran d. Dialog
dengan siswa
206. Evaluasi
proses pembelajaran oleh guru dilakukan melalui kegiatan berikut, kecuali ....
a.
Menyebarkan angket kepada siswa
b. Analisis rencana Pembelajaran
c.
Refleksi terhadap proses pembelajaran
d.
Dialog dengan siswa
207. Penilaian
hasil belajar yang dilakukan oleh guru atau pendidik, dimulai degnan
menginformasikan silabus mata pelajran yang di dalamnya memuat rancangan dan
kriteria penilaian, pada awal semester. Mengapa rancangan dan kriteria
penilaian perlu disampaikan kepada siswa pada awal semester?
a.
Agar
siswa dapat menyiapkan diri lebih baik
b.
Supaya siswa dapat mengatur cara belajarnya
c. Agar siswa mengetahui bagaimana ia akan dinilai
d.
Supaya siswa mengetahui soal-soal yang akan
diberikan
208. Penilaian program pembelajaran oleh guru di
kelasnya sendiri, dapat dimulai dengan ....
a. Menganalisis rencana pembelajran
b.
Membuat rancangan evaluasi
c.
Mengidentifikasi masalah yang dihadapi
d.
Berdiskusi dengan teman sejawat
209. Langkah
terakhir yang harus dilakukan guru dalam rangkaian evaluasi program
pembelajaran di kelasnya sendiri adalah ....
a.
Menyimpulkan hasil penilaian
b.
Menyerahkan hasil penilaian pada kepala sekolah
c.
Mendiskusikan hasil penilaian dengan teman
sejawat, serta menetapkan upaya tindak lanjut
d. Menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan rencana pelajaran
berikutnya
210. Evaluasi
program pembelajaran oleh sekolah dilakukan secara periodik pada ....
a. Awal
dan akhir tahun ajaran c. Akhir setiap semester
b. Setiap
tengah semester d.
Awal semester
211. Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM), yang merupakan nilai batas ambang kompetensi untuk
setiap mata pelajaran dikembangkan oleh ....
a.
Kepala sekolah
b.
Tim khusus
c. Sekolah, dalam rapat dewan pendidik
d.
Sekolah dalam rapat komite sekolah
212. Evaluasi
program pembelajaran oleh sekolah dilakukan oleh sebuah tim. Langkah pertama
yang harus ditempuh oleh tim adalah ....
a. Mengembangkan desain evaluasi
b.
Menetapkan tujuan evaluasi
c.
Menetapkan sasaran evaluasi
d.
Menentukan waktu evaluasi
213. Teknik
yang paling tepat digunakan dalam menilai proses pembelajaran adalah ....
a. Wawancara c.
Telaah dokumen
b. Observasi d.
angket
214. Jika
hasil evaluasi program pembelajaran menunjukan hasil belajarsiswa dalam mata
pelajaran tertentu sangat rendah, tindak lanjut yang dilakukan oleh sekolah
adalah ....
a.
Memberikan pelatihan bagi para guru
b.
Memberikan waktu tambahan bagi pelajaran
tersebut
c.
Mendatangkan guru yang ahli dalam pelajaran
tersebut
d. Menganalisis penyebab rendahnya hasil belajar
215. Dari
jenisnya, sumber daya yang berperan dalam penyelenggaraan pendidikan SD terdiri
dari sarana dan ....
a. Fasilitas,
ruang belajar, orang c.
Fasilitas, guru, uang
b. Prasarana, orang, dana d.
Prasarana, dana pengelola
216. Berikut
ini adalah sebagian dari sarana yang wajib dimiliki oleh SD sebagai satuan
pendidikan, kecuali ....
a. Ruang perpustakaan c.
Alat-alat pelajaran
b. Buku
dan sumber belajar lain d.
Bahan habis pakai
217. Dibandingkan
dengan ketentuan yang terdapat dalam PP No 19/2005 tentang standar nasional
pendidikan, prasarana yang umumnya tersedia di SD masih jauh dari ketentuan
tersebut. Prasarana yang umumnya tidak dimiliki oleh sebagian besar SD di
Indonesia adalah ruang ....
a.
Kelas, laboratorium, tempat ibadah
b.
Guru, untuk berkreasi, kepala sekolah
c.
Kelas, kepala sekolah, laboratorium
d. Bermain, tata usaha, laboratorium
218. Potret
guru SD di Indoneisa masih memprihatinkan, khususnya dalam hal-hal berikut ini,
kecuali ....
a.
Sebaran yang tidak merata
b.
Kompetensi yang belum mencapai standar
c. Terbatasnya kesempatan untuk berkembang
d.
Kualifikasi akademik yang belum memenuhi standar
219. Beragamnya
kualifikasi dan kompetensi guru berdampak pada kualitas layanan pendidikan yang
diberikan. Apa implikasi lebih lanjut dari kondisi seperti ini?
a. Kualitas lulusan SD akan bervariasi dari satu SD ke SD yang lain
b.
Keluhan masyarakat terhadap mutu layanan
pendidikan SD akan meningkat
c.
Angka putus sekolah akan meningkat tajam
d.
Berbagai pelatihan perlu dilakukan
220. SD
Sekarsari tidak mempunyai ruang tata usaha dan tenaga administrasi. Berikut ini
adalah dampak yang mungkin muncul dari tiadanya ruang tata usaha dan tenaga
administrasi di SD Sekarsari, kecuali ....
a.
Arsip2 sekolah sebagian akan disimpan di ruang
kelas, sehingga ruang kelas akan menjadi sempit
b.
Sebagian waktu keala sekolah akan tersita untuk
mengerjakan tugas administrasi, sehingga tugas pokoknya sebagai pemimpin
mungkin akan terganggu
c.
Guru mungkin juga harus mengerjakan tugas
administrasi, sehingga perhatiannya pada
pembelajaran mungkin terganggu
d. Penyelesaian tugas-tugas administrasi hanya akan dilakukan pada hari minggu
atau hari libur
221. Seorang
kepala sekolah harus menguasai kompetensi managerial. Berikut ini adalah
contoh-contoh indikator kompetensi manajerial, kecuali ....
a. Membeli alat-alat pelajaran c.
Menyusun rencana kegiatan sekolah
b. Memimpin
rapat guru d. Mengawasi
pelaksanaan kegiatan sekolah
222. Dalam
PP No 19/2005 tentang standar nasional pendidikan, biaya penyelenggaraan
pendidikan dikelompokan menjadi biaya ....
a. Rutin,
bulanan, dan tahunan c. Investasi, personal, dan operasi
b. Orang,
barang, dan jasa d.
Pokok, pajak, dan investas
223. Sebuah
SD mewajibkan para siswa untuk membayar buku paket yang dipesan dari penerbit
tertentu. Biaya tersebut termasuk sebagai biaya....
a. Jasa c.
Operasi
b. Investasi d.
personal
224. Akhir-akhir
ini banyak keluhan yang disampaikan oleh masyarakat kepada SD, keluhan tersebut
antara lain sebagai berikut, kecuali ....
a.
Banyaknya pungutan yang harus dibayar oleh orang
tua siswa
b. Banyaknya anak-anak yang putus sekolah
c.
Buruknya
pelayanan pendidikan yang diberikan
d.
Minimnya fasilitas yang tersedia di SD
225. Berikut
ini adalah contoh2 sarana/prasarana yang ada di luar SD yang dapat dimanfaatkan
untuk pembelajaran di SD, kecuali ....
a. Perpustakaan
daerah c. Kantor bupati
b. Lapangan
olah raga d.
Sanggar seni
226. Untuk
memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada diluar sekolah, berbagai upaya yang
harus dilakukan, diantaranya sebagai berikut, kecuali ....
a. Mengadakan pendekatan dengan pemilik atau
penanggungjawab sarana dan prasarana
b. Mempelajari kemungkinan untuk memanfaatkan
sarana prasarana yang ada di luar sekolah
c. Berdiskusi dengan guru lain dan kepala sekolah
tentang ide memanfaatkan sarana di luar sekolah
d. Melakukan kegiatan/pembelajaran langsung ditempat sarana dan prasarana
berada
227. Kunci
utama dalam mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan di SD adalah
....
a. Kreativitas pendidik dan tenaga kependidikan di SD
b.
Ketersediaan dana untuk pengadaan
c.
Hubungan baik dengan masyarakat sekitar sekolah
d.
Kepintaran menyusun usulan pengadaan sarana dan
prasarana
228. Seorang
pengawas SD dipersyaratkan memiliki pengalaman sebagai guru atau kepala SD, karena berbagai alasan berikut, kecuali ....
a. Pengawas SD akan membina guru dan kepala SD
b. Guru memang diproyeksikan menjadi pengawas
c. Pengalaman sebagai guru akan memantapkan tugas
melakukan supervisi akademik
d. Pengalaman sebagai kepala sekolah akan
memantapkan tugas melakukan supervisi manajerial
229. Supervisi
akademik yang dilakukan oleh pengawas meliputi bidang2 berikut, kecuali ....
a.
Silabus dan rencana pembelajaran
b.
Pelaksanaan pembelajaran
c. Pengelola sarana dan prasarana
d.
Evaluasi proses dan hasil belajar
230. Dewan
pendidikan berperan serta dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di tingkat nasional, propinsi, dan kabupaten kota, dengan memberikan hal-hal
berikut, kecuali ....
a. Pertimbangan
dan arahan c. Dukungan
tenaga
b. Modal kerja d.
Dukungan sarana dan prasara
231. Dengan
diadiri kepala sekolah, komite sekolah dapat melakukan pengambilan keputusan dalam bidang ....
a. Biaya operasional sekolah c.
Tata tertib sekolah
b. Rencana
kerja tahuanan d. kurikulum
232. Kenyataan
dilapangan menunjukan bahwa pada saat ini, isu-isu yang berkembang mengenai komte sekolah adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. Sudah berfungsi dengan baik
b.
Belum dikenal oleh sebagian besar orang tua
siswa
c.
Lebih banyak berkutat dengan dana operasional
d.
Tidak dipilih secara terbuka
233. Dana
BOS merupakan program pemerintah yang berasal dari subsidi dana BBM, dan bertujuan untuk ....
a.
Memberantas buta aksara
b.
Membantu sekolah menyelenggarakan pendidikan
c. Membebaskan anak yang tidak mampu dari biaya pendidikan
d.
Menuntaskan wajib belajar 9 tahun
234. Dana
BOS dapat dimanfaatkan untuk pembiayaan komponen2 berikut, kecuali ....
a. Ulangan
dan ujian c.
Bahan habis pakai
b. Pelatihan
guru d.
Honor guru kontrak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar