Minggu, 04 November 2018

Perspektif Pendidikan di SD

PESPEKTIF PENDIDIKAN SD

1.        Pandangan filosofis adalah cara melihat pendidikan dasar dari hakikat pendidikan dalam  kehidupan manusia. Pertanyaan filosofis yang akan kita bahas adalah ....
 a.    Apa tujuan pendidikan Sekolah Dasar dikembangkan?
 b.    Kapan pendidikan Sekolah Dasar mulai dikembangkan?
 c.     Berapa banyak pendidikan Sekolah Dasar perlu dikembangkan?
 d.    Dimana saja pendidikan Sekolah Dasar perlu dikembangkan?

2.       Pandangan psikologis-pendagogis atau psiko-pendagogis adalah cara melihat pendidikan  dasar dari fungsi proses pendidikan dasar, dalam pengembangan potensi individu sesuai  dengan karakteristik psikologis peserta didik. Pertanyaan psiko-pedagogis yang relevan  dengan fungsi proses itu adalah bagaimana pendidikan dasar dikembangkan sesuai  dengan....
 a.    Dana yang tersedia
 b.    Teori menjadi rujukannya
 c.     Prioritas pemerintah dan masyarakat
 d.    Karakteristik peserta didiknya

3.         Pandangan sosiologis-antropologis atau sosio-antropologis adalah cara melihat pendidikan  dasar dari fungsi proses pendidikan dasar dalam ....
 a. Proses sosialisasi atau pendewasaan peserta didik dalam konteks kehidupan        bermasyarakat
 b.   Sosialisasi atau pendewasaan peserta didik dalam konteks kehidupan bermasyarakat,  dan proses enkulturasi atau pewarisan nilai dari generasi tua kepada peserta didik yang  sedang mendewasa dalam konteks pembudayaan
 c.  Proses enkulturasi atau pewarisan nilai dari generasi tua kepada peserta didik yang sedang mendewasa dalam konteks pembudayaan
 d. Sosialisasi atau pendewasaan peserta didik dalam komunitas lokal dan proses enkulturasi atau pewarisan nilai dari orang tua kepada anaknya di lingkungan keluarga inti

4.     SD/Mimerupakna salah satu bentuk pendidikan pada jenjang pendidikan dasar, dalam   jalur pendidikan formal di Indonesia pada saat ini. Bentuk pendidikan ini secara  operasional dilaksanakan sebagai ....
a.    Situs pendidikan masing-masing sekolah
b.    Organisasi pendidikan masing-masing sekolah
c.     Satuan pendidikan masing-masing sekolah
d.    Bentuk pendidikan masing-masing sekolah

5.      Ada beberapa argumen tentang keniscayaan pendidikan untuk usia SD, antara lain yang menekankan pada konsep pendidikan yang sistematik adalah....
a.    Pelembagaan proses pendidikan untuk usia dalam sistem pendidikan persekolahan atau Scholing system, diyakini sangat strategis, artinya sangat tepat dilakukan, untuk mempengaruhi, mengondisikan, dan mengarahkan perkembangan mental, fisik dan sosial anak alam mencapai kedewasaannya.
b.  Proses pendewasaan melalui sekolah di yakini lebih mudah dam masal artinya lebih memberikan hasil yang baik tanpa biaya besar daripada proses pendewasaan yang dilepas secara alami dan kontekstual melalui proses sosialisasi atau pergaulan dalam keluarga yang tanpa memerlukan biaya tetapi sukar dikaji hasilnya.
c.   Berbagai teori psikologi khsusnya teori belajar yang menjadi landasan konseptual teori pembelajaran, seperti teori behaviorisme, kognitivisme, humanisme, dan sosial sesungguhnya lebih mendukung pendidikan melalui alam.
d.  Berbagai teori psikologi khususnya teori belajar yang menjadi landasan konseptual teori pembelajaran, seperti teori behaviorisme, kognitifisme, humanisme, dan sosial cukup memberi landasan namun sukar diterapkan dalam prakteknya.

6.  Filsafat pendidikan seperti perenalisme yang menekankan pentingnya pewarisan  kebudayaan, esensialisme, yang menekankan pada transformasi nilai esensial,            progresifisme, yang menekankan pada pengembangan potensi individu, dan              rekonstruksionalisme sosial, yang menekankan pengembangan individu untuk perubahan  masyarakat dapat dinilai ....
a.    Sangat mendukung proses pendewasaan anak melalui pendidikan persekolahan namun terkesan sangat utopia
b. Mengesampingkan teori soscio-historical dan teori experiental learning yang  menekankan pada proses belajar melalui interaksi sosial-kultural dan belajar melalui      pengalaman
c.     Bertolak belakang dengan teori soscio-historical dan teori experiental learning yang menekankan pada proses belajar melalui interaksi sosial-kultural dan belajar melalui pengalaman
d.    Saling melengkapi dengan teori soscio-historical dan teori experiental learning yang menekankan pada proses belajar melalui interaksi sosial-kultural dan belajar melalui pengalaman

7.   Piaget menegaskan bahwa pengetahuan bukanlah duplikat dari objek, dan bukan pula sebagai tampilan kesadaran dari bentuk yang ada dengan sendirinya dalam diri individu. Pengetahuan sesungguhnya merupakan konstruksi pikiran yang terbentuk, karena secara ....
a.    Genetik adanya interaksi antara organisme dengan lingkungan, dan secara fisik adanya interaksi antara panca indera dengan objek
b.  Historis adanya pengalaman lampau sebagai organisme dalam lingkungan, dan secara sosial adanya interaksi antara individu
c.  Spiritual adanya interaksi antara organisme dengan pencipta dan secara kultural  adanya interaksi antar budaya
d. Biologis adanya interaksi antara organisme dengan lingkungan dan secara kognitif adanya interaksi antara pikiran dengan objek

8.   Anak usia SD/MI berada dalam tahap perkembangan kognitif Praoperasional sampai Konkrit. Pada usia ini anak memerlukan ....
a.    Lingkungn belajar guna membangun pengetahuannya
b.    Bimbingan sistematis dan sistemik guna membangun pengetahuannya
c.     Sarana dan prasarana fisik guna membangun pengetahuanya
d.    Bimbingan sepenuhnya guna membangun pengetahuannya

9   Secara sosial-kultural aktivitas mental merupakan sesuatu hal yang unik hanya pada manusia. Hal itu merupakan produk dari belajar sosial atau social learning, yakni proses penyadaran simbol-simbol sosial dan internalisasi kebudayan dan guungan sosial. Kebudayaan diinternalisasi dalam bentuk sistem neuropsikis yang merupakan bagian dari bentuk aktivitas fisiologis dari otak manusia. Aktivitas mental yang tinggi memungkinkan pembentukan dan perkembangan proses mental manusia yang lebih tingggi. Dengan menggunakan teori sosial kultural, proses pendidikan di SD/MI seyogianya ....
a.  Diteorikan sebagai proses pertumbuhan kemampuan dalam diri individu sebagai  produk interaksi antara kemampuan intramental dan intermental individu dalam          konteks sosial-kultural
b.  Diperlakukan sebagai proses pertumbuhan kemampuan dalam diri individu sebagai  produk interaksi antara kemampuan intramental dan intermental individu dalam  konteks sosial-kultural
c.   Dinilai sebagai sebagai proses pertumbuhan kemampuan dalam diri individu sebagai  produk interaksi antara kemampuan intramental dan intermental individu dalam  konteks sosial-kultural
d.     Dirancang sebagai sebagai proses pertumbuhan kemampuan dalam diri individu sbagai  produk interaksi antara kemampuan intramental dan intermental individu dalam  konteks sosial-kultural

10.  Dilihat secara sosiologis dan antropologis masyarakat dan bangsa Indonesia sangatlah heterogen dalam segala aspeknya. Oleh karena itu, instrumentasi atau pengelolaan sistem pendidikan itu tidaklah mungkin dilakukan secara homogen penuh. Untuk itulah dalam sistem pendidikan kita saat ini perlu diupayakan ....
a. Perangkat kurikulum nasional yang bersifat sentralistik untuk tingkat satuan pendidikan dalam rangka penerapan kurikulum yang berdiversifikasi untuk melayani keberagaman secara nasional
b. Kebijakan teknis tentang kurikulum tingkat satuan pendidikan yang bersifat desentralistik, penerapan kurikulum yang berdiversifikasi untuk melayani keeragaman, dan pengembangan standar nasional pendidikan sebagai baku mutu yang sepenuhnya dikendalikan secara nasional
c.     Pembaharuan seperti kurikulum nasional yang bersifat sentralistik menjadi kurikulum yang bersifat desentralistik, penerapan kurikulum yang berdiversifikasi untuk melayani keberagaman, dan pengembangan standar nasional
d.  Daya dukung kurikulum nasional yang bersifat sentralistik untuk tingkat satuan pendidikan dalam rangka penerapan kurikulum yang berdiversifikasi untuk melayani keberagaman, dengan dukungan pembiayaan yang sentralistik.

11.     Landasan historis dan ideologis adalah dasar pemikiran yang diangkat dari fakta sejarah  yang relevan tentang ....
a. Pergulatan pemikiran tentang pendidikan SD beserta tokoh-tokoh yang ada di belakangnya sejak pada masa Hiindia Belanda sampai saat ini
b.  Dinamika pemikiran pendidikan SD beserta ide-ide/ pertimbangan politik sejak pada masa Hindia Belanda sampai saat ini
c.  Pertumbuhan dan perkembangan pendidikan SD beserta ide-ide/ pertimbangna yang melatarbelakanginya sejak pada masa Hindia Belanda sampai saat ini
d. Perkembanga pendidikan SD beserta masalahnya sejak pada masa Hindia Belanda sampai saat ini

12.     Secar historis atau kesejarahan, pendidikan SD di Indonesia merupakan kelanjutan dari sistem pendidikan pada masa Hindia Belandayang memang dibangun lebih banyak untuk kepentingan ....
a. Memperoleh tenaga terampil yang mengerti nilai budaya penjahjah sehingga menguntungkan mereka dalam mempertahankan dan melangsungkan penjajahannya
b.      Pengentasan penduduk bumi putera yang secara riil diperlakukan sebagai hamba atau onderdaan
c.       Pengentasan penduduk bumi putera dan golongan timur asing secara riil sesuai dengan kebutuhan penjajah
d.      Pengentasan bui putera yang sebagai bentuk balas budi yang tulus penjajah 

13.     Sistem pendidikan di Indonesia dalam perspektif sejarah perjuangan bangsa berkembang secara dinamis pada lingkungan masyarakat yang juga berkembang dalam dimensi ideologi, politik, ekonomi, maupun sosial budaya. Dalam perkembangannya dari waktu ke waktu, pendidikan di bumi Nusantara secara konsisten dianggap berfungsi sebagai wahana transformasi, transmisi, dan sosialisasi nilai-nilai ....
a.      Tradisional dan keagamaan dari masyarakatnya, yang berlangsung baik melalui jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekola
b.  Baru yang menyertai perkembangan teknologi da seni dari masyarakatnya, yang berlangsung baik melalui jalur pendidikan sekolah, dan jalur pendidikan luar sekolah
c.   Kejuangan dan cinta tanah air dari masyarakatnya, yang berlangsung baik melalui jalur pendidiakn sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah
d. Tradisi, ilmu pengetahuan, serta teknologi dan seni dari masyarakatnya, yang berlangsung baik melalui melalui jalur pendidiakn sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah

14.   Dari fakta sejarah pendidikan SD pada zaman Hindia Belanda, kita dapat menangkap makna bahwa segregasi sosial dan diskriminasi secara sengaja dilakukan terhadap penduduk bumi putera dalam memperoleh kesempatan belajar di SD, yang didasarkan pada latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya. Ideologi ini ternyata ....
a.   Sudah tidak dijumpai dalam instrumentasi dan praksis sistem pendidiakn nasional setelah Indonesia merdeka
b.      Masih kita jumpai dalam instrumentasi dan praksis sistem pendidiakn nasional setelah Indonesia merdeka
c.  Dalam banyak hal masih kita jumpai dalam instrumentasi dan praksis sistem pendidiakn nasional setelah Indonesia merdeka
d.   Dijumpai semakin kuat dalam instrumentasi dan praksis sistem pendidiakn nasional setelah Indonesia merdeka

15.  Tumbuhnya berbagai gerakan pendidikan pada masa perjuangan kemerdekaan, yang  dilakukan oleh seluruh komponen bangsa, telah mendorong tumbuh dan berkembang  dasar ideologi pendidikan yang salah satunya adalah Ing Madya Mangun Karsa, Ing  Ngarsa Sung Tulada, Tut Wuri Handayani. Ideologi ini pada dasarnya mengandung  makna pendidikan yang ....
 a.       Bersifat liberal ala Barat
 b.      Bernuansa religius berlandaskan agama tertentu
 c.       Bersifat demokratis dan penuh tenggang rasa
 d.      Berwawasan kultural yang mengetengahkan pemberdayaan

16.     Landasan ideologis dan yuridis pendidikan pada dasarnya merupakan komitmen politik  Negar RI yang diwujudkan dalam ....
 a. Berbagai program yang mencerminkan bagaimana sistem pendidikan nasional  dibangun dan diselenggarakan untuk mewujudkan fungi dan tujuan pendidikan      nasional
 b.  Berbagai ketentuan normatif konstitusional yang mencerminkan bagaimana sistem  pendidikan nasional dibangun dan diselenggarakan untuk mewujudkan fungi dan  tujuan pendidikan nasional
  c.  Berbagai kelembagaan yang mewadahi program pendidikan nasional dibangn dan      diselenggarakan untuk mewujudkan fungi dan tujuan pendidikan nasional
  d.    Berbagai perangkat pembelajaran yang mencerminkan bagaimana sistem pendidikan  nasional dibangun dan diselenggarakan untuk mewujudkan fungi dan tujuan  pendidikan nasional

17.      Secara ideologis dan yuridis ditetapkan bahwa Pancasila dan UUD 1945 merupakan dasar  atau fondasi pendididkan nasional. Hal ini mengandung makna bahwa pendididkan  nasional, termasuk didalamnya pendidikan di SD/MI harus sepenuhnya didasarkan pada  ....
 a.     Cita-cita, niali, konsep, dan moral yang terkandung dalam bagian dari alinea keempat Pembukaan UUD 1945
 b. Nilai, konsep, dan moral yang terkandung dalam bagian dari alinea keempat Pembukaan UUD 1945
 c.   Cita-cita dan moral yang terkandung dalam bagian dari alinea keempat Pembukaan UUD 1945
 d.  Konsep dan moral yang terkandung dalam bagian dari alinea keempat Pembukaan UUD 1945

18.      Pendidikan SD mengemban dua fungsi, yakni pengembangan ....
 a.      Keterampilan peserta didik secara sosiologis dan pemberian landasan yang kuat untuk  pendidikan dalam masyarakat
 b. Sikap peserta didiksecara psikologis dan pemberian landasan yang kuat untuk  pendidikan lebih lanjut
 c.    Potensi peserta didik psikologis dan pemberian landasan yang kuat untuk pendidikan  SMP dan seterusnya
 d.  Peserta didi secara kultural dan pemberian landasan yang kuat untuk pendidikan seumur hidup

19.  Peserta didik SD/MI berkewajiban menjaga norma-norma pendidikan dengan cara  berikut, kecuali ....
 a.    Menjalankan ibadah sesuai agama yang dianutnya
 b.    Menghormati pendidikan dan tenaga kependidikan
 c.     Menuntut haknya sebagai peserta didik
 d.    Mencintai keluarga, masyarakat, dan menyayangi sesama

20. Bila seluruh ketentuan perundang-undangan tentang wajib belajar 9 tahun dapat dilaksanakan dengan baik, maka program WAJAR tersebut akan memberi dampak yang luas bagi pencerdasan kehidupan bangsa secara ....
a.    Cepat                                                                c. Bertahap
b.    Terus menerus                                                d. terbatas

21.     Sejalan dengan tujuan pendidikan dasar, maka salah satu tujuan pendidikan SD adalah  untuk membekali peserta didik usia SD dengan kemampuan ....
 a.       Baca, tulis, hitung
 b.      Membuat kerajinan tangan
 c.       Menghargai perbedaan
 d.      Bergaul dengan masyarakat luas

22.    Contoh-contoh kecakapan hidup yang wajib dibentuk di SD adalah sebagai berikut,        kecuali ....
 a.       Bertanya ketika sesat di jalan
 b.      Berhenti ketika lampu merah menyala di perempatan jalan
 c.       Menghitung harga barang-barang yang dibeli di pasar
 d.      Membuat kue untuk pesta

23.     Salah satu karakteristik pendidikan di SD adalah kemampuan bernalar. Karakteristik ini akan mewarnai pembelajaran di SD, terutama dalam membimbing siswa ....
a.       Berpikir kritis
b.      Mengerjakan latihan
c.       Membuat ringkasan
d.      Melakukan percobaan

24. Sesuai dengan karakteristik siswa SD yang masih berpandangan holistik, maka pembelajaran di SD lebih ditekankan kepada ....
a.       Esensi setiap mata pelajaran
b.      Pemahaman topik-topik khusus yang disajikan secara terpisah
c.       Keterpaduan antarberbagai bidang yang diikat oleh tema tertentu
d.      Penggunaan alat peraga

25.  Sesuai karakteristik siswa SD, kegiatan pembelajaran di SD seyogyanya memberikan kesempatan kepada siswa SD untuk menghayatipengalaman langsung. Contoh pengalaman langsung ini adalah sebagai berikut, kecuali ....
a.       Mengukur tinggi meja dengan menggunakan penggaris
b.      Berperan sebagai pembeli yang sedang menawar barang
c.       Mendengarkan penjelasan tentang sebab-sebab terjadinya banjir
d.      Menanam kecambah untuk melihat pertumbuhannya

26.    Berbeda dari guru SMP, guru SD adalah guru kelas yang berkewajiban mengajarkan mata pelajaran....
a.       Bahasa Indonesia, IPA, Kerajinan Tangan, IPS, dan Matematika
b.      IPA, Matematika, Olah Raga, Kesenian, dan Muatan Lokal
c. Matematika, Bahasa Indonesia, Kerajinan Tangan, IPS, dan Pendidikan Kewarganegaraan
d.      Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn

27.     Dari segi fisik, perbedaan yang mencolok antara gedung SD dibandingkan dengan gedung SMP adalah sebagai berikut, kecuali ....
a.       Jumlah kelas atau ruangan belajar
b.      Ruangan khusus administrasi
c.       Ruangan khusus untuk administrasi
d.      Ruangan khusus untuk labolatorium

28.   Berbeda dengan siswa SMP atau SMA, siswa SD mempunyai karakteristik khas yang  harus selalu dipertimbangkan oleh guru dalam mengelola pembelajaran. Di antara              karakteristik tersebut adalah sebagai berikut, kecuali siswa ....
 a.       Usia SD masih berada pada tahap operasi konkret
 b.      Usia SD sudah mampu memahami konsep secara terisolasi
 c.       SD lebih mudah memahami sesuatu yang bersifat keseluruhan
 d.      SD mempunyai kemampuan yang beragam atau bervariasi

29.  Berdasarkan UU Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kurikulum SD  dikembangkan oleh ....
 a.       Pusat Kurikulum Depdiknas
 b.      Dinas Pendidikan Propinsi
 c.       Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
 d.      SD bersama Komite Sekolah

30.  Menurut UU Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kurikulum SD  dikembangkan ketentuan/ hal-hal berikut, kecuali ....
 a.       Standar Nasional yang ditetapkan Departemen
 b.      Sumber daya manusia yang tersedia di daerah
 c.       Kebutuhan lokal
 d.      Kerangka dasar dan struktur kurikulum dari pemerintah

31.  Sebagaimana dengan satuan pendidikan lainnya, penyelenggaraan SD merupakan    tanggung jawab ....
 a.       Menteri pendididkan Nasional
 b.      Pemerintah Daerah dan Masyarakat
 c.       Pemerintah Pusat
 d.      Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

32.     Kewenangan untuk menetapkan Standar Nasional Pendidikan berada di tangan ....
a.       Pemerintah Pusat
b.      Pemerintah Daerah
c.       Dewan Perwakilan Rakyat
d.      Dewan Pendidikan

33.  Sesuai asas kemandirian dan manajemen berbasis sekolah, tanggung jawab utama  pengelolaan pendidikan pada suatu SD berada di tangan ....
 a.       Komite Sekolah
 b.      Dewan Pendidikan
 c.       Dinas Pendidikan Kabupaten
 d.      SD bersangkutan

34.   Komite Sekolah merupakan lembaga mandiriyang berperan dalam peningkatan mutu  pelayanan pendidikan dan pengawasan pengelolaan pendidikan. Peran tersebut dapat  direalisasikan melalui hal-hal berikut, kecuali ....
 a.       Memberikan masukan dalam pengembangan kurikulum
 b.      Memberikan pertimbangan dalam pengadaan sarana dan prasarana
 c.       Menentukan persyaratan kelulusan
 d.      Meminta pertanggungjawaban pengelolaan pendidikan

35.  Di samping SD biasa, berbagai bentuk pendidikan SD dapat diselenggarakan dengan  tujuan utama ....
 a.       Memperbanyak jumlah sekolah
 b.      Menuntaskan wajib belajar
 c.       Memperluas kesempatan memperoleh pendidikan
 d.      Meningkatkan mutu pendidikan SD

36.    Di antara deskripsi SD berikut ini, yang mana yang dapat dikategorikan sebagai SD    Unggulan?
a.  SD Binanusa mempunyai tiga ruang kelas dan lima orang guru. Proses belajar berlangsung pagi hari untuk kelas 1, 2 dan 6, sedangkan pada sore hari untuk kelas 3, 4, dan 5. Buku peajaran cukup lengkap dan setiap siswa mendapatkan buku pelajaran gratis dari sekolah.
b.      SD Nusantara mempunyai enam ruang kelas, dengan jumlah siswa per kelas sekitar 20 orang. Pada setiap pembelajaran, siswa sangat termotivasi dalam belajar. Para guru selalu menerapkan pendekatan pembelajarn yang berfokus pada siswa. Hal ini sepadan dengan uang sekolah yang cukup tinggi.
c.       SD Negeri Kamboja merupakan SD favorit yang banyak diminati oleh para orang tua, meskipun kenyataan menunjukan bahwajumlh siswa dalam satu kelas berkisar sekitar 50 orang. SD ini menjadi favorit karena lulusan SD ini banyak diterima di SMP Negeri, yang juga favorit di kota tersebut.
d.     SD Karimun merupakan SD yang mengajarkan bahasa Inggris sebagai muatan lokal. Namun, guru yang mengajar bahasa Inggris ternyata tidak mampu menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Sebagai akibatnya, para lulusan SD ini tidak menggunakan bahasa Inggris ketika bertemu dengan para turis asing yang banyak datang ke daerah tersebut. Mereka lebih banyak menggunakan bahasa isyarat. 

37.     Kekuatan/ keuntungan yang dapat dipetik dari adanya SD Inklusi adalah sebagai berikut, kecuali ....
a.       Anak-anak berkebutuhan khusus akan mampu mandiri
b.  Anak-anak normal akan menyadari kehidupan nyata yang penuh dengan variasi/ perbedaan
c.       Terjadi perbauran antara anak normal dengan anak berkebutuhan khusus
d.    Anak-anak berkebutuhan khusus dapat bersekolah di SD yang paling dekat dengan tempat tinggalnya

38. Program Kejar Paket A merupakan pendidikan kesetaraan setingkat SD, yg menggunakan kurikulum yang disusun denagn memperhatikan hal-hal berikut ini, kecuali ....
a.       Pendekatan pendidikan orang dewasa
b.      Kecakapan hidup yang harus dikuasai
c.       Lokasi tempat tinggal peserta didik
d.      Standar nasional pendidikan

39.     Sekolah Rumah dipilih oleh orang tua atau anak-anak karena berbagai alasan berikut,  kecuali ....
 a.       Biaya sekolah yang lebih murah
 b.      Anak tidak perlu menempuh perjalanan ke sekolah formal
 c.       Suasana belajar yang lebih kondusif
 d.      Menghindari berbagai tindak kekerasanyang sering terjadi

40.    Berikut ini adalah berbagai kelemahan yang mungkin muncul dalam Sekolah Rumah,  kecuali ....
 a.       Anak mungkin kurang disiplin dalam belajar
 b.      Kompetensi yang diharapkan tidak akan dikuasai
 c.       Terbatasnya interaksi sosial antaranak
 d.      Anak hidup secara terisolasi

41.     Era Orde Baru, era Pemerintahan di bawah Presiden Suharto (1967-1998) secara politik dimulai tahun 1967, ketika rezim pemerintahan Presiden Soekarno ....
a.   Di ambil alih oleh rezim pemerintahan presiden Soeharto sampai tahun 1998, saat tumbangnya rezim pemerintahan Orde Baru
b.    Diserahkan kepada rezim pemerintahan Soeharto sampai tahun 1998, saat tumbangnya rezim pemerintahan Orde Baru
c. Diganti oleh rezim pemerintahan presiden Soeharto sampai tahun 1998, saat tumbangnya rezim pemerintahan Orde Baru
d. Dibekukan oleh rezim pemerintahan presiden Soeharto sampai tahun 1998, saat tumbangnya rezim pemerintahan Orde Baru

42.   Pengembangan pendidikan nasional pada Repelita V (1990/1991) – (1993/1994) secara  keseluruhan, didasarkan pada UU tersebut. Dengan sistem pendidikan nasional tersebut,  setiap warga negara RI diharapkan “.... memperoleh sekurang-kurangnya pengetahuan  dan kemampuan dasar, yang meliputi kemampuan membaca, menulis, dan berhitung,  serta menggunakan bahasa Indonesia, yang diperlukan oleh setiap warganegara untuk  dapat berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “  Imperatif itu mengacu pada nilai dan prinsip ....
 a.       Otoritas negara untuk mendidik warga negaranya
 b.      Demokrasi dan hak asasi manusia
 c.       Historis pendidikan nasional
 d.      Sosial politik pendidikan nasional

43.  Perluasan dan pemerataan pendidikan dimaksudkan untuk menciptakan keadaan sehingga seiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan, yang didukung dengan pengangkatan gurubaru dan penghapusan secara bertahap Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang sebelumnya menjadi beban orang tua/wali murid; pembangunan unit gedung baru dan rehabilitasi gedung lama. Usaha tersebut memiliki sifat ....
a.       Sistemik dan komprehensif
b.      Sistemik menyeluruh
c.       Saling ketergatungan
d.      Sistemik progmatis

44.   Untuk daerah terpencil perluasan program wajar dikdas dilakukan melalui pengembangan SD Kecil, yakni D yang terdiri atas dua atau tiga ruang dengan dua atau tiga guru untuk melayani murid pada 6 kelas. Disitulah diteapkan pembelajran kelas rangkap (multigrap teching) yang didukung dengan penyediaan aneka sumber belajar mandiri dalam bentuk modul dan pedoman guru, pemenuhan kebtuhan gurunya melalui program satuan bhakti guru daerah terpencil, seperti untuk daerah Kepulauan Riau. Upaya tersebut merupakan bentuk dari ....
a.       Kebijakan pendidikan yang tidak berkeadilan
b.      Penanganan pendidikan secara darurat
c.       Kontekstualisasi pelaksanaan pendidikan
d.      Penerapan prinsip otonomi pendidikan

45.     Untuk daerah berpenduduk padat, yang mempunyai tingkat kepadatan penduduk lebih dari 1.000 orang per kilometer persegi, dikembangkan gedung sekolah bertingkat dengan ruang belajar lebih dari enam ruang, agar dapat menampung murid lebih dari 300 orang. Sementara itu untuk daerah normal, yakni daerah yang memiliki tingkat kepadatan penduduk di bawah 1.000 orang per kilometer persegi, di bangun SD dengan gedung yang memiliki enam ruangan untuk enam kelas. Kebijakan tersebut dimaksudkan dalam rangka penerapan prinsip ....
a.       Relevansi pendidikan
b.      Efisiensi dan efektivitas pendidikan
c.       Pemberdayaan sumber daya pendidikan
d.      Pemerataan pendidikan

46.     Sekolah Dasar Tradisional (konvensional) merupakan ....
a.       SD pada umumnya yang selama ini berlangsung, yang memiliki tempat belajar atau gedung rata-rata enam ruangan, satu ruang guru, satu ruang perpustakaan, kamar mandi/WC, serta fasilitas lainnya yang pada umumnya dibangun dengan biaya Pemerintah melalui Program Inpres. Proses pembelajaran berlangsung pada pagi, siang, dan sore hari dengan beban belajar setiap tingkat kelas 33 jam per minggu, dan hari efektif 240-245 hari pertahun
b.      SD yang dibangun oleh masyarakat adat/perkumpulan sosial yang memiliki tempat belajar atau gedung rata-rata enam ruangan, satu ruang guru, satu ruang perpustakaan, kamar mandi/WC, serta fasilitas lainnya yang pada umumnya dibangun dengan biaya Pemerintah melalui Program Inpres. Proses pembelajaran berlangsung pada pagi, siang, dan sore hari dengan beban belajar setiap tingkat kelas 33 jam per minggu, dan hari efektif 240-245 hari pertahun
c.       SD swasta yang memiliki tempat belajar atau gedung rata-rata enam ruangan, satu ruang guru, satu ruang perpustakaan, kamar mandi/WC, serta fasilitas lainnya yang pada umumnya dibangun dengan biaya Pemerintah melalui Program Inpres. Proses pembelajaran berlangsung pada pagi, siang, dan sore hari dengan beban belajar setiap tingkat kelas 33 jam per minggu, dan hari efektif 240-245 hari pertahun
d.      SD kerja sama antara Pemerintah dan dunia swasta yang memiliki tempat belajar atau gedung rata-rata enam ruangan, satu ruang guru, satu ruang perpustakaan, kamar mandi/WC, serta fasilitas lainnya yang pada umumnya dibangun dengan biaya Pemerintah melalui Program Inpres. Proses pembelajaran berlangsung pada pagi, siang, dan sore hari dengan beban belajar setiap tingkat kelas 33 jam per minggu, dan hari efektif 240-245 hari pertahun.

47.   MI merupakan lembaga pendidikan formal setingkat SD yang dalam proses pendidikannya mengajarkan bidang studi agama Islam dengan beban belajar lebih banyak dari SD biasa, yakni sekitar 30% mata pelajaran agama dan 70% mata pelajaran umum. STTB MI ....
a.       Tidak sama dengn STTB SD, karena itu dimungkinkan terjadi perpindahan murid MI ke SD dan kedua kelompok lulusan tersebut (SD dan MI) dan tidak memiliki akses yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTP
b.      Sama dengan STTB SD, artinya dimungkinkan terjadi perpindahan murid MI ke SD dan kedua kelompok lulusan tersebut (SD dan MI) memiliki akses yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTP
c.       Sama dengan STTB SD, dimungkinkan terjadi perpindahan murid MI ke SD dan kedua kelompok lulusan tersebut (SD dan MI) tetapi tidak memiliki akses yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTP
d.      dimungkinkan terjadi perpindahan murid MI ke SD dan kedua kelompok lulusan tersebut (SD dan MI) tetapi akses untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTP sangat terbatas

48.     SD Pamong (Pendidikan Agama oleh Masyarakat, Orang tua, dan Guru) merupakan program pendidikan SD kolaborasi dengan masyarakat. Dalam konteks itu ....
a.       Masyarakat berperan dalam penyediaan sarana dan prasarana belajar
b.      Orang tua/ wali berperan dalam menyiapkan sumber belajar
c.       Guru dan/ tutor berperan dalam mengajar anak belajar
d.      Tutor berperan dalam memotivasi anak belajar

49.     Program Kejar (Paket A) merupakan program pendidikan luar sekolah yang bermakna bekerja sambil belajar (Kejar). Peseranya adalah anak usia SD yang belum memperoleh kesempatan belajardan/ putus Sekolah Dasar. Program ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ....
a.       Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan sumber belajar, terutama modul
b.      Proses belajar anak difasilitasi oleh tutor sebagai pemicu dan pemacu proses belajar, dengan pertemuan tatap muka yang dilakukan pada sore atau malam hari
c.       Yang mnjadi tutor Paket A, program kejar tingkat SD, adalah guru SD di daerah itu, sebagai tugas tambahan di luar tugasnya sebagai guru SD biasa
d.      Jadwal pembelajaran bersifat reguler untuk setiap peserta belajar disemua daerah

50.     SD Terpadu merupakan lembaga pendidikan yang bersifat inklusif, yakni pendidikan yang ....
a.       Menempatkan anak yang normal sebagai tutor sebaya bag anak yang mengalami ketunaan untuk belajar secara bersamaan dan gurunya terdiri atas guru biasa dan guru pembimbing khusus untuk anak yang memiliki ketunaan tesebut
b.      Menggabungkan anak yang normal dan mengalami ketunaan untuk belajar secara bersamaan dan gurunya terdiri atas guru pembimbing khusus untuk semua anak termasuk anak yang memiliki ketunaan tersebut
c.       Menggabungkan anak yang normal dan mengalami ketunaan untuk belajar secara bersamaan dan gurunya terdiri atas guru biasa dan guru pembimbing khusus untuk semua anak termasuk anak yang memiliki ketunaan tersebut
d.      Menggabungkan anak yang normal dan yang mengalami ketunaan untuk belajar secara bergilir dari guru pembimbing khusus dan guru SD biasa

51. Mundurnya Presiden Soeharto dan dilantiknya BJ Habibie, yang pada saat itu berkedudukan sebagai Wakil Presiden, menjadi Presiden RI ketiga, pada tanggal 21 Mei 1998, merupakan ....
a.       Tonggak sejarah dimulainya suatu era dalam sejarah politik kontemporer Indonesia
b.      Momentum kebetulan dimulainya suatu era dalam sejarah politik kontemporer indonesia
c.       Pemicu dimulainya suatu era dalam sejarah politik konemporer Indonesia
d.      Titik balik dimulainya suatu era dalam sejarah politik kontemporer Indonesia

52.     Sasaran pendidikan nasional PJP II yang berdimensi spiritualistik yang menjadi awal dari era reformasi adalah ....
a.     Terwujudnya kehidupan masyarakat yang makin sejahtera lahir batin secara adil dan merata
b.    Terselenggaranya pendidikan nasional dan pelayanan kesehatan yang makin ermuu dan merata
c.       Terwujudnya manusia yang beriman dan takwa terhadap Tuhan YME, berbudi pekerti luhur
d. Terciptanya manusia yang tangguh, sehat, cerdas, patriotik, berdisiplin, kreatif, produktif, dan profesional

53.     Arah pendidikan nasional berupa makin mantapnya budaya bangsa yang tercermin dalam meningkatnya peradaban, harkat martabat manusia Indonesia, dan memperkuat jati diri dan kepribadian bangsa, dan berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45 pada dasarnya merupakan komitmen ....
a.       Imperatifpendidikan nasional
b.      Kultural pendidikan nasional
c.       Ideologis politis pendidikan nasional
d.      Politik kontemporer pendidikan nasional

54.     Tujuan utama pendidikan nasional memiliki sifat transendenlah adalah untuk ....
a.       Meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa dan kualitas sumber daya manusia
b.   Mengembangkan manusia serta masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan YME, berakhlak mulia
c. Mengembangkan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan, keahlian dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani
d.      Mengembangkan kepribadian yang mantap dan mandiri

55.     Misi pendidikan nasional yang memiliki dimensi kesadaran historis adalah ....
a.       Menumbuhkan dan mempertebal rasa cinta tanah air
b.      Meningkatkan semangat kebangsaan
c.       Memiliki wawasan keungggulan, dan kesetiakawanan sosial
d.  Memiliki dan kesadaran kebangsaan dan menghargai jasa para pahlawan serta berorientasi masa depan

56. Pengembangan pendidikan dasar yang lebih merupakan perwujudan demokrasi pendidikan adalah ....
a.       Pemerataan pendidikan dasar
b.      Peningkatan kualitas pendidikan dasar
c.       Peningkatan wajib belajar sembilan tahun
d.      Peningkatan relevansi pendidikan

57. Sasaran pembangunan pendidikan dalam RPJM 2004-2009 antara lain adalah penyelenggaraan Wajar Dikdas 9 tahun, termausk di dalamnya SD/MI 6 tahun dan penyelengggaraan pendidikan nonformal yang bermutu yang mencakuo pendidikan kesetaraan Paket A yang setara SD, merupakan ....
a.       Komitmen baru pemerintahan era reformasi
b.      Komitmen keberlanjutan kebijakan pendidikan nasional
c.       Inovasi dari pemerintah era reformais
d.      Penegasan kembali komitmen pemerintah orde lama

58.     Peningkatan pendidikan yang berkualitas yang bukan termasuk dalam kategori masukan instrumental sistem pendidikan adalah ....
a. Pengembangan kurikulum SD yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan global, nasional dan lokal
b.   Pengembangan pendidikan kewarganegaraan, pendidikan multikultural dan            pendidikan budi pekerti, termasuk pendidikan kesenian dan lingkungan hidup
c.    Penyediaan pendidik dan tenaga kependidikan SD/MI yang profesional, dan            penyediaan sarana dan prasarana pendidikan dalam jumlah dan kualitas yang              memadai, peningkatan kesejahteraan dan perlindungan hukum bagi pendidik SD/MI
d.  Pengembangan sistem evaluasi, akreditasi dan sertifikasi guru SD/MI serta    meningkatkan penelitian dan pengembangan untuk mendukung pelaksanaan Wajar  Dikdas 9 tahun

59.     Standar kompetensi lulusan SD/MI menurut Permendiknas 23 tahun 2006 yang termasuk kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi adalah ....
a.   menjalankan ajaran agama yang di anut sesuai dengan ahap perkembangan anak, mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri, mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya, menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
b.   menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif, menunjukan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik, menunjukan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya, menunjukan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, dan menunjukan kemampuan mengenali gejala alam dan sosia di lingkungan sekitar
c.   menunjukan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan, menunjukan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia, menunjukan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal dan menunjukan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, memanfaatkan waktu luang
d.   berkomunikasi secara jelas dan santun, bekerjasama dalam kelompok, tolong-        menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya,  menunjukan kegemaran membaca dan menulis, dan menunjukan keterampilan  menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung

60. Sesuai dengan PP RI 38 tahun 2007 Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota memiliki kewenangan atas urusan wajib mengenai manajemen satuan pendidikan SD/MI adalah ....
a.       Penetapan kebijakan operasional pendidikan di kabupaten/kota
b.    Perencanaan operasional pendidikan SD sesuai dengan perencanaan strategis tingkat  provinsi dan nasional
c.       Spesialisasi dan pelaksanaan standar nasional pendidikan di tingkat kabupaten
d.      Pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan

61.     Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan fisik anak adalah ....
a.       Pola asuh                                                        c. Pendidikan orang tua
b.      Gizi                                                                  d. Lingkungna masyarakat

62.   Secara umum perkembanganfisik anak perempuan lebih cepat dibandingkan anak laki-laki, terjadi pada usia ....
a.       1-2 tahun                                                       c. 11-12 tahun
b.      6-7 tahun                                                       d. 13-14 tahun

63.  Orang Eropa pada umumnya lebih tinggi dan besar secara fisik dibandingkan dengan orang Asia. Perbedaan tersebut disebabkan oleh faktor ....
a.       Ras                                                                   c. Pola makan
b.      Gizi                                                                   d. Pola hidup

64.  Pada usia SD, anak mampu berpikir secara logis dan kuantitatif. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....
a.       Kohlberg                                                        c. Sullivan
b.      Freud                                                              d. Piaget

65.     Yang dimaksud tahap balas jasa adalah ....
a.       Anak mendapat teman karena adanya suatu kepentingan rasa keadilan
b.      Menghargai teman sebagai individu
c.       Saling berbagi emosi
d.      Mementingkan diri sendiri

66.     Pengungkapan emosi anak laki-laki biasanya diungkapkan melalui ....
a.       Marah                                                             c. Murung
b.      Menangis                                                        d. merengek

67.    Seorang anak yang selalu mendapat tekanan dari orang tuanya dapat mengalami            gangguan perkembangan fisiknya. Hal ini merupakan pengaruh dari ....
 a.       Pengaruh keluarga                                    c. Suku bangsa
 b.      Sosial ekonomi                                            d. Gangguan emosional

68. Hidrocephalus (waktu lahir dengan kepala lebih besar dari ukuran normal) dapat mengakibatkan perkembangan motorik anak terganggu. Faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik tersebut karena terganggunya fungsi ....
a.       Otot                                                                 c. otak
b.      Syaraf                                                             d. Organ tubuh

69.     Anak yang merasa berhutang budi pada temannya, dan suatu saat nanti akan memberikan sesuatu seperti yang telah diberikan temannya tersebut. Hal ini termasuk pada tahap ....
a.       Bersahabat                                                   c. Sosialisasi
b.      Balas jasa                                                      d. Bersaudara

70.     Anak-anak biasanya lebih percaya pada ....
a.       Orang tuanya                                               c. temannya
b.      Saudara kandungnya                                  d. Kakek atau neneknya

71.   Anak yang sudah dapat berpikir bahwa boal itu bentuknya bulat, meja berbentuk segi  empat, dalam perkembangan intelegensinya termausk pada tahap ....
 a.       Inklusi                                                             c. Rasional
 b.      Seriasi                                                             d. konservasi

72.    Kalimat yang digunakan secara spontan terucap tanpa tujuan merupakan fungsi bicara  untuk ....
 a.       Menyampaikan dg sengaja                    c. Mempengaruhi orang lain
 b.      mengekspresikan perasaan                    d. Mendengar pembicaraan orang

73.    Salah satu fungsi bicara adalah untuk menyampaikan dengan sengaja, yang dimaksud di sini adalah ....
a.       Ungkapan untuk menyampaikan perasaan senang maupun sedih
b.      Cara orang menyampaikan pesan melalui tulisan
c.       Dengan sengaja diungkapkan untuk memberitahu orang lain
d.      Ungkapan yang sudah direncanakan sebelumnya untuk disampaikan

74.     Tahapan-tahapan seseorang sebelum dapat berbicara lancar adalah mulai dari ....
a.       Menangis, berceloteh, holofrase, mengobrol
b.      Berceloteh, holofrase, menangis, mengobrol
c.       Menangis, holofrase, berceloteh, mengobrol
d.      Berceloteh, menangis, holofrase, mengobrol

75.     Sebelum anak lancar berbicara, faktor yang lebih awal mempengaruhi atau dapat          memacu  anak untuk cepat berbicara adalah ....
 a.       Teman bermain                                          c. Sekolah
 b.      Orang tua                                                   d. Media elektronik

76.    Pada akhir masa anak-anak perkembangan bahasa anak sudah lancar, hal ini terlihat  dalam ....
 a.       Cara mengungkapkan maksud pembicaraan
 b.      Logat bicaranya
 c.       Individu yang diajak bicara
 d.      Topik pembicaraan yang beragam

77.     Faktor yang dapat memacu anak agar dapat cepat berbicara diantaranya adalah keluarga, hal ini karena keluarga....
a.       Selalu membimbing anak bicara     c. Selalu banyak bicara
b.      Lebih dekat dengan anak                 d. Lebih banyak pengalaman daripada anak

78.  Perkembangan mora anak di mana anak menyesuaikan diri pada peraturan-peraturan yang ada dalam kelompok dan disepakati bersama oleh kelompok tersebut. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
a.       Kohlberg                                                    c. Parker
b.      Piaget                                                          d. Bruner

79.     Metode yg sesuai untuk kelas rendah dalam mengembangkan moral melalui ....
a.       Ceramah                                                     c. Kelompok
b.      Diskusi                                                         d. bermain

80.   Menurut Bambang Waluyo, pendidikan agama di sekolah meliputi beberapa aspek        penting, di antaranya adalah aspek ....
 a.       Pembentukan kepribadian                  c. Penanganan masalah
 b.      Pengembangan disiplin                        d. Pengenalan ibadah

81.     Guru dapat mengembangkan kemampuan menemukan pada siswa SD dengan cara          melakukan kegiatan ....
 a.       Permainan kata
 b.      Bermain peran tentang profesi/ pekerjaan
 c.       Membuat skema
 d.      Percobaan ilmiah
82.     Contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengembangkan kemempuan      menganalisis pada siswa SD adalah ....
 a.       Permainan teka-teki
 b.      Permainan aneka jenis binatang
 c.       Mengamati kebun sekolah
 d.      Tanya jawab mengenai bencana alam

83.     Siswa diberi pengetahuan baru seputar jenis tanaman berdasarkan bentuk daun, bentuk akar, tempat hidup, dan cara berkembang biak, kemudian dipetakan ke dalam bentuk skema yang ada di pikiranya sehungga anak terbiasa untuk berpikir berdasarkan skema-skema, merupakan contoh dari penerapan pengembangan kemampuan ....
a.       Mengamati                                                   c. menganalisis
b.      Mengorganisasikan                                     d. mengamalkan

84.    Siswa diajak untuk melakukan praktik jual beli di warung sekolah pada saat              pembelajaran matematika, sehingga siswa memahami kejadian yang berlangsung sehari-  hari, merupakan salah satu contoh langkah yang dapat dilakukan oleh guru untuk  mengembangkan kemampuan ....
 a.       Menemukan                                                c. Berlatih
 b.      Menghayati                                                  d. mengorganisasikan

85.     Salah satu langkah yang paling tepat dilakukan oleh guru dalm rangka mengembangkan kemampuan merangkai pada siswa SD adalah ....
a.       Membawa siswa ke kebun sekolah untuk mencari aneka jenis bunga
b.      Menyuruh siswa merangkai bungan untuk pajangan kelas
c.    Mengajak siswa untuk melakukan percobaan dengan menggunakan buah jeruk dan mangkuk yang berisi air
d.      Melakukan permainan aneka jenis binatang berdasarkan karakteristiknya

86.     Guru dapat menggunakan teori humanistik yang dikemukakan oleh CarL Rogers untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam hal belajar ....
a.       Mengorganisasikan                                      c. Mengamalkan
b.      Meniru                                                           d. menemukan

87.     Teori discoveru learning yang digunakan untuk pengembangan kemampuan menemukan pada siswa SD dikemukakan oleh ....
a.       Carl Rogers                                                   c. Jerome S. Bruner
b.      Paget                                                              d. Vygotsky

88.     Siswa diberikan suatu permasalahan seputar kejadian yang mungkin dialami mereka sehari-hari seperti, “tindakan apa yang akan kamu lakukan apabila temanmu menggunakan uang SPP yang diberikan oleh orang tuanya untuk membantu teman lain yang sedang kesusahan?” kemudian siswa diberikan alternatif pemecahan masalah dan harus memilih di antara 4 pilihan, seperti melaporkan kepada guru, mendiamkan saja, melaporkan kepada orang tua siswa tersebut, atau tindakan lain disertai alasan dan penjelasanya. Kegiatan tersebut lebih tepat digunakan guru unuk mengembangkan kemampuan ....
a.       Memilih                                                         c. Membuat keputusan
b.      Menganalisis                                                 d. mengorganisasikan

89.      Siswa diajak ke Ancol untuk melihat pertunjukan Lumba-lumba Hidung Botol, kemudian diberikan LKS “Ayo Menjadi Detektif Samudra”, merupakan alternatif yang dapat digunakan guru untuk mengembangkan kemampuan ....
a.       Mengamati                                                    c. Menghayati
b.      Berlatih                                                          d. meniru

90.     Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan menyimak pada siswa SD adalah ....
a.       Menggunakan metode ceramah pada saat menjelaskan pelajaran
b.      Berdongeng pada saat engajarkan tentang nilai moral yang terkandung di dalam suatu cerita
c.  Memberikan permasalahan seputar kejadian yang biasa terjadi di sekitar siswa kemudian menyuruh siswa menemukan solusinya
d.      Memberikan pertanyaan mengenai musibah yang sering terjadi akhir-akhir ini untuk mengetahui tanggapan yang akan diberikan oleh siswa

91.     Salah satu unsur penting yang terkandung dalam pengertian motivasi adalah ....
a.       Energi seseorang yang nampak dari kegiatan psikis
b.      Motor penggerak kegiatan
c.       Tujuan yang jelas sebagai bentuk dari kebutuhan
d.      Rasa sebagai tanda awal munculnya motivasi

92.     Contoh pemenuhan kebutuhan untuk mewujudkan diri sendiri adalah ....
a.       Melakukan kegiatan rekreasi
b.      Berbuat baik dan menyenangkan dalam kelompok masyarakatnya
c.       Mengikuti pelatihan tertentu agar mempunyai keterampilan
d.      Makan, minum, dan tidur

93.     Salah satu fungsi motivasi adalah sebagai ....
a.       Sarana untuk memuaskan kebutuhan individu
b.      Instrumen dalam memilah-milah perilaku dan sikap dalam diri seseorang
c.       Pendorong pencapaian kebutuhan
d.      Tujuan dari pemenuhan kebutuhan

94.     Contoh motivasi intrinsik adalah seperti berikut ....
a.   Rendi memerlukan uang ekstra saat mengikuti les musik untuk mentraktir teman-temanya yang suka mengejek sebagai anak kikir
b.    Banu tidak akan mau menjawab pertanyaan guru sebelum diberi pujian terlebih        dahulu
c.       Prita akan tidur dengan nyenyak apabila mendengarkan lagu dari radio
d.  Ani belajar dengan keras agar dapat lulus Ujian Akhir SD dan masuk SMP yang diinginkannya

95.     Sandra merasa harus memacu dirinya untuk menunjukkan prestasi pada saat Pak Bari mengatakan bahwa akan ada ulangan selama 3 hari berturut-turut. Kata-kata Pak Bari tersebut merupakan jenis motivasi....
a.       Pemberian ulangan                                  c. Pemberian hukuman
b.      Penciptaan sasana kompetisi                  d. Penyampaian tujuan pembelajaran

96.  Bu Danu setiap hari mengawali pembelajaran dengan bercerita tentang manfaat dari mempelajari suatu topik bagi kehidupan para siswa sehari-hari. Apa yang dilakukan Bu Danu dapat dikategorikan dalam jenis motivasi ....
a.       Penyampaian umpan balik                     c. Penyampaian pujian
b.      Penciptaan ego involvement                   d.Pembangkitan minat & hasrat belajar

97.  Para siswa yang mempunyai kecenderungan memiliki gaya belajar visual, akan dapat memahami materi dengan cepat apabila dikondisikan dengan cara ....
a.       Mendengarkan dan menganalisis isi percakapan antara dua siswa
b.      Merangkai suatu bentuk bangun panjang yang terpisah-pisah
c.       Diprdengarkan alunan musik klasik dan diminta menganalisis jenis musiknya
d.      Menganalisis denah lingkungan rumah yang dikemas dengan warna menarik

98.  Citra adalah siswa yang menonjol ketika diminta meguraikan bagian tubuh binatang amphibi melalui peragaan model katak. Citra cenderung memiliki gaya belajar ....
a.       Taktil                                                            c. Visual
b.      Audio                                                           d. kombinasi

99.  Kebiasaan guru yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa adalah konsistensi. Maksud konsistensi adalah ....
a.       Penilaian secara terus menerus terhadap siswa dengan alasan yang tepat
b.      Penciptaan suasana dan kondisi kelas sebagai tempat untuk belajar
c.       Penerimaan kritik dari setiap siswa secara terbuka
d.      Penerapan aturan belajar di kelas yang telah disepakati antara guru dan siswa secara ajeg setiap saat

100.  Dengan mengikuti kegiatan akademik dalam berbagai forum formal dan informal akan menjadikan guru dapat memotivasi para siswanya karena ....
a.      Membuka wawasan dan pola pikir, serta menumbuhkan kreativitas guru sehingga guru dapat menularkan ide-idenya kepada siswa
b.   Guru secara langsung lebih terampil dan pandai sehingga ilmunya dapat diberikan kepada siswanya
c.   Menjadikan guru sebagai sosok yang lapang dada terhadap kritik karena terbiasa dengan kondisi diskusi terbuka
d.    Guru dapat menceritakan pengalaman-pengalaman menariknya untuk ditiru oleh siswa

101.  Dari beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli dapat disimpulkan bahwa      pengertian bimbingan merupakan suatu ....
 a.       Proses membantu individu                c. Tuntunan terhadap individu
 b.      Proses membantu siswa                      d. Pengembangan potensi individu

102.  Istilah penyuuhan dianggap tidak cocok lagi sebagai terjemahan kata conseling, karena konotasi dari kata tersebut adalah ....
a.       Lebih bersifat pemberian informasi
b.      Lebih bersifat individual
c.       Mengandung arti negatif
d.      Digunakan di bidang pertanian

103.  Salah satu tujuan program bimbingan di SD adalah agar siswa memiliki perasaan positif terhadap dirinya. Usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan perasaan positif tersebut adalah ....
a.       Setiap siswa memiliki ekurangan dan kelebihan
b.      Guru memberikan perlakuan yang sama kepada semua siswa
c.       Anak yang pandai dan anak yang bodoh diperlakukan sama
d.      Anak yang pandai duduk berdampingan dengan anak yang bodoh

104.  Usaha yang dapat dilakukan pembimbing/guru agar anak menyadari makna dari pembelajaran matematika antara lain ....
a.       Memberi PR sebanyak mungkin
b.      Menambah jam belajar matematika
c.       Menunjukan fungsi matematika dalam kehidupan sehari-hari
d.      Memperkenalkan tokoh-tokoh penting dalam bidang maematika

105.  Melihat kemampuan yang ditunjukan Adi, Pak Budi menyarankan agar Adi dimasukan klub sepak boal di kotanya. Yang dilakukan Pak Budi merupakan fungsi bimbingan sebagai ....
a.       Pencegahan                                              c. Pengembangan
b.      Perbaikan                                                   d. pengungkapan

106.  Usaha untuk membangkitkan kesadaran akan kekuatan dan potensi siswa merupakan fungsi ....
a.       Perkembangan                                        c. Perbaikan              
b.      Pencegahan                                              d. penyaluran

107.  Setiap siswa di kelas memperoleh layanan yang sama sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
a.       Bimbingan untuk semua
b.      Program bimbingan dialkukan untuk bersama
c.       Fokus bimbingan untuk aset
d.      Bimbingan dilakukan secara informal

108.  Pada pelaksanaan program bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, peran guru adalah ....
a.       Pembimbing utama                               c. Pengajar
b.      Pengumpul data                                      d. Pembantu kepala sekolah

109.  Berikut ini adalah ciri-ciri yang dapat dipakai sebagai petunjuk tentang anak berbakat, kecuali ....
a.       Prestasi belajar diatas rata-rata
b.      Memiiki jiwa kepemimpinan tinggi
c.       Skor IQ di atas 130
d.      Skor IQ di atas 100

110.  Istilah yang digunakan untuk menunjukkan anak yang mampu memberikan berbagai macam jawaban atau beralih dari satu macam respons ke respons lain adalah ....
a.       Kelancaran                                                 c. Kemurnian
b.      Kelenturan                                                d. ketepatan

111.  Tujuan yang ingin dicapai dengan layanan khusus terhadap anak berbakat antara lain agar anak tersebut ....
a.       Tidak menganggu anak lain                 c. Potensi berkembang optimal
b.      Prestasi belajar lebih baik                    d. Mampu berkompetensi dg anak lain

112.  Contoh program kelas pengayaan dalam rangka layanan terhadap anak berbakat adalah ....
a.       Deden yang baru kelas 3 belajar matematika bersama anak kelas 4
b.      Pada saat peljaran matematika, didatangkan guru khusus
c.       Pada saat pelajaran matematika, deden masuk kelas khusus
d.      Deden diberi tugas untuk mengerjakan tugas tambahan

113.  Siswa berbakat diberi kesempatan untuk menerjakan proyek IPA. Layanan ini termasuk ....
a.       Adaptasi program                                   c. Program pengayaan
b.      Adaptasi lingkungan                             d. Pencanggihan materi

114.  Anak penyandang kelainan fisik yang tidak mungkin bergabung pada sekolah biasa adalah ....
a.       Tunarungu                                                 c. tunadaksa
b.      Tunawicara                                                d. tunagrahita

115.  Perilaku menyimpang yang ditunjukan oleh anak SD, kemungkinan dapat disebabkan oleh ....
a.       Merasa tidak dihargai oleh teman-temannya
b.      Merasa dirinya cukup pandai
c.       Posisi dalam keluarga sebagai anak tunggal
d.      Posisi dalam keluarga sebagai anak bungsu

116.  Anak penyandang tuna laras dapat diketahui dengan cara ....
a.       Menanyakan kepada orang tua anak
b.      Melakukan tes kesadaran
c.       Mengamati perilakunya
d.      Melihat prestasi belajarnya

117.  Kompetensi dapat didefinisikan sebagai tindakan cerdas dan bertanggung jawab yang ditunjukan oleh seseorang dalam bidang tertentu, sebagai bukti bahwa dia kompeten dalam bidang tersebut. Tindakan cerdas dan bertanggung jawab tersebut dilandasi oleh penguasaan ....
a.       Ilmu yang luas dan mendalam serta keterampilan
b.      Ilmu yang relevan dalam bidangnya
c.       Keterampilan dan sikap yang memadai dalam bidang terkait
d.      Pengetahuan, keterampilan, serta sikap nilai yang relevan

118.  UU No. 14/2005 tentang guru dan dosen menetapkan guru sebagai pendidik profesional, di antara pekerjaan berikut, manakah yang dapat disebut sebagai pekerjaan profesional?
a.       Sopir taksi                                                  c. Pembantu rumah tangga
b.      Dokter bedah                                           d. Pedagang asongan

119.  Berdasarkan latar tugas seorang guru SD, kompetensi guru SD dapat dikelompokan menjadi rumpun kompetensi ....
a.       Pemahaman tentang peserta didik, penguasaan bidang studi, penyelenggaran pembelajaran yang mendidik, dan pengembangan profesionalitas secara berkelanjutan
b.      Pendagogik, kepribadian, profesional, sosial
c.       Kepribadian, sosial, profesional, pendagogik
d.      Penguasaan bidang studi secara mendalam, pembelajarn yang mendidik, pemahaman tentang peseta didik, dan kemampuan mengembangkan diri secara terus menerus

120.  Contoh-contoh kompetensi yang masuk dalam rumpun kompetensi: “penyelenggraan pembelajaran yang mendidik”, adalah sebagi berikut, kecuali mampu ....
a.       Mengembangkan kurikulum dan pelajaran lima mata pelajaran SD/MI, secara keatif dan produktif
b.      Merancang pembelajaran yang mendidik
c.       Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan komunikasi, pembelajaran, dan pengembangan wawasan
d.      Melaksanakan pembelajaran yang mendidik

121.  Kompetensi yang dikuasai oleh lulusan S1 PGSD, tetapi tidak dikuasai oleh lulusan D II PGSD, antara lain sebagai berikut, kecuali ....
a.       Mampu melakukan kegiatan untuk mengembangkan substansi dan metodologi dasar keilmuan lima mata pelaaran SD/MI
b.      Memahami karakteristik anak usia SD/MI dalam penggalan kelompok usia tertentu (kelas awal dan kelas lanjut)
c.       Mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI secara kreatif dan inovatif
d.      Mampu beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya

122.  Cara yang paling tepat untuk mengakses penguasaan kompetensi : “ mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik” adalah ....
a.       Memberikan tugas mengajar mata pelajaran SD dan kemudian memberikan soal-soal yang erkaitan dengan keterampilan dasar mengajar
b.      Menugaskan calon guru menyusun rencana pembelajaran yang kemudian dinilsi dengan mnggunakan APKG
c.       Menugaskan calon guru mengajar dan mengamatinya dengan menggunakan APKG
d.      Memberikan tes tertulis tentang konsep pebelajaran yang mendidik dan terapannya di dalam kelas
123.  Cara yang paling tepat untuk mengakses kompetensi dasar siswa SD : “dapat membuat petunjuk tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar” adalah dengan....
a.       Tes objektif                                               c. Tes uraian
b.      Tugas menulis petunjuk                      d. Pengamatan ketika menulis petunjuk
124.   Contoh indikator dari kompetensi: “memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik”, adalah dapat ....
a.       Menjelaskan peranan motivasi dalam pembelajaran
b.      Merumuskan tujuan pembelajaran
c.       Menjabarkan pertanyaan ke seluruh kelas
d.      Menyusun instrumen penilaian
125.  Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial seorang guru dapat diakses melalui ....
a.       Tes kepribadian
b.      Memberikan tugas-tugas kemasyarakatan
c.       Pengamatan ketika guru mengajar dan pergaulan sehari-hari
d.      Pengamatan karya-karya guru yang tersebar di masyarakat
126.  Pada dasarnya, semua kompetensi guru secara utuh tercermin dalam ....
a.       Perilaku guru sehari-hari                      c.  pergaulan dimasyarakat
b.      Kinerjanya sebagai guru                      d. Partisipasinya dalam pendidikan
127.  Peningkatan profesionalitas guru merupakan upaya untuk ....
a.       Membuat guru menjadi lebih pintar
b.      Menaikkan kesejahteraan guru
c.       Meningkatkan penguasaan kompetensi guru
d.      Meningkatkan mutu pendidikan
128.  Seorang guru yang ingin meningkatkan profesionalitasnya dapat mngikuti berbagai kegiatan berikut, kecuali ....
a.       Melakukan refleksi terhadap kinerjanya sendiri
b.      Mengikuti arisan sekolah
c.       Membaca berbagai buku tentng pembelajaran di SD
d.      Mengikuti pelatihan pembelajaran
129.  Kemampuan profesionali guru dapat dikatakan meningkat jika ....
a.       Guru naik pangkat secara teratur
b.      Guru aktif dalam berbagai kegiatan pendidikan
c.       Siswa betah mengikuti pembelajaran
d.      Proses dan hasil belajar siswa meningkat
130.  Untuk meningkatkan profesionalitas, guru dapat menyalurkan keinginannya melalui berbagai forum atau wadah berikut, kecuali ....
a.       Kolompok Pencinta Alam                   c. Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan
b.      Kelompok Kerja Guru                           d. Klinik Pembelajaran
131.  Menjelang hari ULTAHnya, PGRI Kabupaten X menyelenggarakn berbagai kegiatan seperti pertandingan olah raga antarkecamatan, menulis karya ilmiah yang bertemakan “sumbangan pendidikan bagi kesejahteraan masyarakat desa”, menerapkan PAKEM dalam pembelajaran, memberikan sumbangan dana untuk pembangunan kantor PGRI. Jika seorang guru ingin meningkatkan profesionalitasnya sebagai guru SD, kegiatan mana yang paling tepat diikuti?
a.       Pertandingan Olah Raga
b.      Perlombaan menulis karya ilmiah
c.       Perlombaan menerapkan PAKEM dalam pembelajaran
d.      Mengumpulkan dana untuk pembangunan kantor PGRI
132.  Pak Sutarno, guur SD mMekarwangi, mempunyai pengalaman yang sangat menarik ketika menangani seorang anak yang sering membuat keributan di kelas. Pak Sutarno berhasil membuat anak ini menjadi betah belajar dan tidak lagi mengganggu teman-temannya. Olehkarena itu, Pak Sutarno ingin pengalaman tersebut diketahui oleh para guru SD diseluruh nusantara. Keterampilankomputer Pak Sutarno cukup lumayan setelah belajar dari anak-anaknya yang sangat mahir dalam komputer. Wadah atau forum mana yang paling tepat digunakan Pak Sutarno untuk menyalurkan keinginan tersebut?
a.       Klinik Pembelajaran                              c. Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan
b.      Kelompok kerja Guru                            d. Prsatuan Guru Republik Indonesia
133.  Anda merasa mempunyai masalah dalam menyajikan nilai-nilai yang terkandung dalam PKn. Anak sering hanya dapat menghafal nilai-nilai tanpa memahami apa maknanya dan bagaimana terapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan masalah yang Anda hadapi, sebagai seorang anggota KKG, kegiatan apa yang akan anda ususlkan untuk dijadikan agenda dalam kegiatan KKG?
a.    Melakukan studi banding ke SD lain
b.    Menyelenggarakan lomba mengajar PKn
c.     Mengadakn pelatihan pembelajaran PKn dengan mengundang pakar untuk memoelkan pembelajaran PKn
d.    Menyelenggarakan pelatihan merencanakan pembelajaran PKn dengan pendekatan PAKEM
134.  Kursus komputer emrupakan salah satu cara yang dapat ditempuh guru sebagai jembatan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Dikaitkan dengan peningkatan profesionalitas guru, keuntungan apa yang dapat anda peroleh dengan mengikuti kursus komputer?
a.    Keterampilan komputer untuk berkomunikasi secara online sehingga mampu mengakses berbagai informasi yang berkaitan dengan pendidikan SD
b.    Teman-teman baru dari masyarakat umum yang dapat memberi masukan dan berbagai pengalaman tentang pendidikan SD
c.     Keterampilan berkomunikasi online
d.    Keterampilan merakit komputer
135.  Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan seperti memberikan penyuluhan, membantu pemberantasan buta aksara, atau menjadi panitia pemungutan suara merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan profesionalitas karena kegiatan-kegiatan tersebut berkaitan dengan ....
a.    Tugas guru sehari-hari
b.    Kompetensi: berkontribusi dalam program pendidikan di tingkat lokal dan regional
c.     Kemampuan guru mengembangkan wawasan global
d.    Tugas kemasyarakatan yang waijb dilakukan guru sebagai bagian dari masyarakat di sekitarnya
136.  Jika Anda ingin memperluas wawawsan Anda tentang masalah-masalah pendididkan SD, Anda daat mengikuti kegiatan-kegiatan berikut, kecuali ....
a.    Seminar Pendidikan Nasional
b.    Lokakarya Penanganan tentang Masalah-masalah Pendidikan di SD
c.     Diskusi Panel tentang Masalah-masalah Pendidikan SD
d.    Seminar tentang Putus Sekolah
137.  Dalam keseluruhan proses pendidikan, kurikulum merupakan ....
a.       Cara untuk melaksanakan proses pendidikan
b.      Kumpulan materi yang harus disampaikan
c.       Panduan dalam menyelenggarakan pendidikan
d.      Dokumen yang harus dimiliki pendidik
138.  Relevansi internal dalam pengembangan kurikulum mengacu pada ....
a.       Kesesuaian kurikulum dengan tugas perkembangan peserta didik
b.      Konsisten antarkomponen kurikulum
c.       Kemampuan kurikulum megikuti perkembangan masyarakat
d.      Kesesuaian kurikulum dengan kondisidan situasi sekolah
139.  Kurikulum yang dikembangkan hendaknya dapat dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pernyataan tersebut berkenaan dengan salah satu prinsip pengembangan kurikulum yaitu prinsip ....
a.       Relevansi                                                    c. Efektivitas
b.      Efisiensi                                                       d. berkesinambungan
140.  Dalam pengembangan kurikulum prinsip fleksibilitas menuntut kurikulum untk ....
a.       Sesuai dengan tuntutan masyarakat
b.      Sesuai dengan tugas perkembangan peserta didik
c.       Dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah
d.      Dapat di implementasikan dengan lancar dan optimal
141.  Yang menjadi acuan utama dalam menentukan keberhasilan peserta didik adalah ketercapainya ....
a.       Standar kompetensi kelulusan         c. Kompetensi dasar
b.      Standar kompetensi                              d. Indikator hasil belajar
142.  Melalui pembelajaran PKn di SD diharapkan siswa mampu berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap hak dan kewajibannya sebagai siswa di kelasnya. Kemampuan tersebut merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa SD yaitu kemampuan ....
a.    Kemelekwacana kewarganegaraan
b.    Berkomunikasi tentang budaya kewarganegaraan
c.     Pemecahan masalah kewarganegaraan
d.    Penalaran kewarganegaraan
143.  Pengembangan keterampilan mendengarkan, berbicaar, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia di SD dilakukan secara terpadu dengan menggunakan berbagai wacana atau kasus sesuai dengan tema yang dibahas. Hal ini sesuai dengan salah satu karakteristik bahasa Indonesia yaitu ....
a.       Penggunaan bahasa terjadi dalam konteks
b.      Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional
c.       Belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi
d.      Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi
144.  Tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik mampu ....
a.       Menggunakan konsep matematika untuk memecahkan masalah
b.      Menemukan konsep matematika secara deduktif
c.       Mengontruksi relasi antarkonsep matematika
d.      Memahami konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari
145.  Pembelajaran IPA di SD hendaknya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk ....
a.       Memperoleh pengalaman langsung
b.      Mengikuti percobaan
c.       Melaksanakan diskusi
d.      Melakukan pengamatan
146.  Penguasaan kemampuan berkomunikasi dalam mata pelajaran IPS di SD ditunjukan dengan kemampuan siswa dalam ....
a.       Memahami berbagai fenomena sosial yang beranfaat untuk berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat
b.      Menjelaskan fenomena sosial yang terjadi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
c.       Memecahkan masalah sosial yang terjadi dengan menggunakan berbagai konsep, keterampilan, nilai, dan sikap moral
d.      Membiasakan diri peka dan adaptif tetapi kritis terhadap lingkungan sosial
147.  KTSP merupakan kurikulum yang bersifat lokal tetapi berorientasi nasional karena KTSP dikembangkan ....
a.       Berdasarkan SKL dan standar ISI serta memperhatikan potensi peserta didik dan masyarakat sekitar sekolah
b.      Oleh Tim Penyusun dari sekolah yang telah ditatar secara nasional
c.       Di maing-masing sekolah dengan menggunakan nara sumber tingkat naisonal
d.      Untuk mencapai tujuan pendidikn nasional yang sesuai dengan karakteristik sekolah
148.  Komponen inti dari dokumen KTSP pada SD adalah sebagai berikut, kecuali ....
a.       Standar Kompetensi Lulusan SD dan Standar Isi
b.      Tujuan Pendidikan SD
c.       Struktur dan Muatan Kurikulum SD
d.      Kalender Pendidikan SD dan Silabus
149.  Salah satu alasan kurikulum perlu dikembangkan pada tingkat satuan pendidikan adalah karena kurikulum ....
a.       Merupakan seperangkat rencana dan pengaturan penyelenggaraan pendidikan
b.      Harus berorientasi pada lingkunganterdekat dengan peserta didik
c.       Sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran di sekolah
d.      Merupakan perangkat pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
150.  Langkah awal dalam analisis konteks dalam penyusunan KTSP adalah ....
a.       Mengidentifikasi kondisi sekolah
b.      Mengenali karakteristik peserta didik
c.       Mengkaji standar kompetensi lulusan dan standar Isi
d.      Merumuskan standar kompetensi dan kompetensi dasar
151.  Kurikulum untuk suatu jenjang pendidikan sebelumnya serta mencakup seluruh dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan, dan mata pelajaran. Pernyataan tersebut berkenaan dg salah satu prinsip pengembangan KTSP yaitu prinsip ....
a.       Beragam dan terpadu
b.      Relevan dengan kebutuhan hidup
c.       Menyeluruh dan berkesinambungan
d.      Belajar sepanjang hayat
152.  Rumusan indikator pencapaian kompetensi adalah perubahan perilaku yang diharapkan ditunjukkan peserta didik yang dijabarkan dari ....
a.       Standar Kompetensi                              c. Materi Pokok
b.      Kompetensi Dasar                                  d. Pengalaman Belajar
153.  Penerapan prinsip relevansi dalam penyusunan silabus menuntut guru untuk ....
a.       Menentukan cakupan dan urutan penyajian materi berdasarkan tingkat perkembangan siswa
b.      Mengembangkan komponen-komponen silabus yang menunjang tercapainya kompetensi
c.       Menetapkan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai kompetensi
d.      Memilih sumber belajar yang sesuai dengan perkembangan IPTEK terkini
154.  Antarkomponen dalam silabus hndaknya menunjukkan hubungan yang ajeg atau taat asas. Pernyataan ini merupakan salah satu prinsip penyusunan silabus yaitu prinsip ....
a.       Sistematis                                                  c. Memadai
b.      Konsistensi                                               d. fleksibel
155.  Apabila di SD tidak ada konselor, Tim Penyusun KTSP pada SD adalah ....
a.       Kepala sekolah dan komite sekolah
b.      Guru dan komite sekolah
c.       Guru dan kepala seolah
d.      Kepala sekolah dan pengawas
156.  Dokumen KTSP pada SD dapat diberlakukan apabila telah mendapat persetujuan dari ....
a.       Kepala sekolah                                  c. Dinas pendidikan tingkat kabupaten/kota
b.      Komite seolah                                    d. Dinas pendidikan tingkat provinsi
157.  Bahan ajar berisi materi pelajaran yang ....
a.       Harus diajarkan guru di kelas
b.      Digunakan siswa untuk mencapai tujuan
c.       Disajikan dalam buku teks
d.      Harus dipelajari siswa secara mandiri
158.  Bahan ajar yang sering digunakan guru dalam pembelajaran adalah buku ....
a.       Referensi dan lembar kerja siswa
b.      Kerja siswa dan alat peraga
c.       Teks dan buku kerja siswa
d.      Teks dan buku referensi
159.  Bahan ajar yang termasuk ke dalam kategori manipuatives adalah ....
a.       Alat peraga yang digunakan guru untuk mendemonstrasikan sesuatu
b.      Berbagai bentuk geometri dari kayu yang digunakan siswa
c.       Berbagai jenis tanaman yang ada di taman sekolah
d.      Media pembelajaran yang dipajang di dalam kelas
160.  Pembelajaran yang berorientasi pada buku teks adalah pembelajaran yang ....
a.       Menuntut siswa untuk mendiskusikan materi dalam buku teks
b.      Menggunakan buku teks sebagai referensi
c.       Memanfaatkan materi dalam buku teks sebagai bahan penunjang
d.      Mengajarkan semua materi yang ada dalam buku teks
161.  Materi pelajaran yang dierikan kepada siswa dalam bentuk lembaran lepas disebut ....
a.       Referensi                                                   c. Handout
b.      Transparansi                                             d. Suplemen
162.  Berikut ini adalah komponen-komponen yang harus ada dalam buku teks sebagai bahan ajar, kecuali ....
a.       Tujuan pembelajaran                            c. Alat evaluasi
b.      Uraian materi dan contoh                   d. Petunjuk penilaian
163.  Bahan ajar unuk mata pelajaran IPA hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk ....
a.       Mencari sumber belajar yang ada disekitar sekolah
b.      Melakukan pengamatan dan/ percobaan
c.       Berdiskusi dalam kelompok kecil
d.      Menilai sendiri penguasaanya terhadap tujuan
164.  Berikut ini adalah beberapa kelemahan yang ada dalam buku teks SD, kecuali ....
a.       Tidak tersedianya kunci jawaban dari alat evaluasi
b.      Ketidaksesuaian antara materi yang disajiakn dengan kurikulum
c.       Terdapat konsep yang salah
d.      Penggunaan kata-kata yang sulit dipahami siswa
165.  Pengembangan bahan ajar dapat dilakukan dengan cara ....
a.       Mengadaptasi dan mengadopsi
b.      Menerjemahkan dan kompilasi
c.       Menulis sendiri dan menggunakan yang ada
d.      Merangkum dan menyadur
166.  Dasar utama penulisan bahan ajar adalah ....
a.       Kompetensi yangdiharpakan dikuasai siswa
b.      Cakupan materi yang harus dipelajari siswa
c.       Waktu yang dimiliki siswa untuk belajar
d.      Kemampuan awal yang dimiliki siswa
167.  Ilustrasi yang digunakan dalam bahan ajar hendaknya ....
a.       Menunjukan manfaat materi yang disajikan
b.      Menarik perhatian siswa
c.       Memperjelas uraian materi
d.      Mengunakan gambar yang bervariasi
168.  Komponen evaluasi dalam bahan ajar disediakan untuk membantu siswa ....
a.       Mengukur tingkat penguasaan terhadap materi
b.      Menerapkan materi yang sudah dipelajari
c.       Melatih kemmapuan menghafal
d.      Memantapkan penguasaan siswa terhadap materi
169.  Komponen LKS yang berisi langkah-langkah yang harus dilakukan siswa untuk melakukan tugas adalah ....
a.       Cara kerja                                               c. Materi/ sumber
b.      Hasil yang diharapkan                        d. Tindak lanjut
170.  Kriteria psiko-pedagogis dalam pemilihan bahan ajar menuntut agar bahan ajar yang dipilih ....
a.       Dapat membantu siswa memahami bidang ilmu
b.      Sesuai dengan proses terjadinya belajar
c.       Membantu tercapainya tujuan pendidikan
d.      Sesuai dengan sarana dan prasarana
171.  Tersedianya kegiatan yang menuntut partisispasi aktif siswa merupakan kriteria pemilihan bahan ajar yang berkenaan dengan ....
a.       Tujuan                                                      c. Konteks     
b.      Kelompok target                                  d. Proses belajar
172.  Kebenaran konsep yang disajikan bahan ajar merupakan salah satu kriteri yang berkenaan dengan ....
a.         Tujuan                                                    c. Konteks     
b.        Kelompok target                                d. Proses belajar
173.  Salah satu contoh kriteria pemilihan bahan ajar yang berkenaan dengan kelompok target adalah ....
a.       Kesesuaian deng tingkat perkembangan siswa
b.      Kemutahkiran materi yang disajikan
c.       Mampu memotivasi belajar siswa
d.      Harga yang kometitif
174.  Suatu buku kerja dianggap telah memenuhi kriteria keterbacaan apabial isi bku kerja tersebut ....
a.       Sesuai dengan indikator hasil belajar
b.      Menggunakan kata-kata yang dipahami siswa
c.       Membantu siswa menguasai kompetisi
175.  Salah satu kendala penting penyebab terbatasnya sarana dan prasarana adalah ....
a.       Rendahnya kesadaran pihak sekolah dalam merawat gedung yang ada
b.      Kurang maksimalnya perhatian Pemerintah, baik pusat maupun daerah
c.       Rendahnya kinerja persatuan orang tua murid
d.      Kurang tertatanya manajemen sekolah
176.  Dalam hal keterjangkauan wilayah, scara sederhana, para guru yang mengajar di daerah terpencil dapat disemangati dengan cara memberikan ....
a.       Kepastian tunjangan insentif khusus
b.      Penghargaaan guru teladan oleh pemerintah
c.       Kelayakanhidup dan tunjangan kesejahteraan
d.      Insentif bulanan
177.  Selama ini, para guru sering mengikuti penataran atau kegiatan peningkatan profesionalitas lainnya, tetapi dalam kenyataannya, pasca kegiatan berlangsung, di antara mereka tetap saja sulit berubah. Hal ini terjadi karena ....
a.       Mereka kesulitan menyediakan media pembelajaran
b.      Segala sarana dan prasarana yang mereka perlukan tidak tersedia
c.       Keinginan untuk mempelajari berbagai metode dianggap terlalu sulit
d.      Sebagian di antara mereka tidak mengubah pola pikir yang dimiliki
178.  Ada banyak alasan yang menjadi penyebab masih rendahnya kompetensi guru, di antaranya adalah masih adanya guru yang tidak berkualifikasi sesuai yangdipersyaratkan menjadi guru. Hal ini terjadi karena ....
a.       Kurangnya guru karena faktor keterbatasan yang tidak merata
b.      Kualitas guru yang tidak profesional
c.       Kondisi lingkungan yang memang memerlukan guru
d.      Keinginan parasiswa untuk diajar oleh guru tertentu
179.  Untuk menjaga kualitas pembelajaran, guru yang memiliki latarbelakang tidak sesuai dengan keahlian yang harus dipenuhi, anda menyarankan agar ....
a.       Dalam masa-masa tertentu, fungsi supervisi klinis harus dapat dilaksankan dengan baik
b.      Memprioritaskan guru tersebut untuk menempuh studi lanjut yang sesuai dengan dipersyaratkan
c.       Pihak sekolah harus mencari alternatif pengganti di masa yang akan datang
d.      Dalam masa-masa tertentu, guru yang bersangkutan harus mengikuti pelatihan/kursus yang relevan
180.  Seringkali terdengar keluhan dari guru yang merasa belum mampu menyediakan pembelajaran karena alasan “klasik” yakni, mahal. Padahal, media pembelajaran seharusnya dapat ....
a.       Disusun untuk materi yang paling penting saja
b.      Menggunakan media yang berbiaya murah
c.       Memanfaatkan berbagai hal yang tersedia di sekitar sekolah
d.      Memanfaatkan media yang mendukung materi tertentu
181.  Bagi guru di daerah terpencil, meskipun tidak boleh terjadi, dapatlah dikatakan wajar jika pembelajaran yang dilakukan agak kurang baik. Hal ini terjadi karena ....
a.       Keterbatasan segala fasilitas dan sarana pendukung, hasil yang ideal tentu merupakan pekerjaan yang cukup sukar dipenuhi
b.      Konteks pembelajaran, yang penting adalah bagaimana proses pembelajaran dapat berlangsung
c.       Keterbatasan mestinya kualitas tetap menjadi hal yang utama
d.      Konteks pembelajaran, sering kali terjadi kesenjangan antara yang ideal dengan yang terjadi
182.  Di beberapa daerah terpencil, sering ditemukan guru yang mengajar lebih dari satu kelas, bahkan ada SD yang hanya diajar oleh dua orang guru. Untuk itu, mereka perlu dibekali dengan strategi pembelajaran yang mendasarkan pada teori tentang ....
a.       Penelitian tindakan kelas                     c. Multikulturalisme
b.      Pembelajaran kelas rangkap             d. Pembelajaran kontekstual
183.  Jika melihat sarana dan prasarana yang tersedia, secara umum, kondisi fisik bangunan SD di Indonesia ....
a.       Sebagian besar tidak memenuhi syarat
b.      Semuanya telah memenuhi standar minimum
c.       Ada yang sangat terbatas fasilitasnya, tetapi banyak pula yang baik
d.      Sebagian kecil kurang baik, tetapi sebagian besar juga belum memenuhi persyaratan
184.  Potret pembelajaran SD di Indonesia dapat dimaknai sbg sebuah kondisi yang ....
a.       Cukup baik karena tidak semua SD memiliki keterbatasan sarana-prasarana dan kendala dalam pembelajaran
b.      Baik karena perbandingan antara yang baik dengan jelek tetap lebih banyak yang baik
c.       Sangat baik karena kondisi yang memiliki keterbatasan sarana-prasarana dan kendala pembelajaran sangat kecil
d.      Kurang baik karena kondisi yang jelek lebih banyak daripada yang baik
185.  pembelajaran kontekstual merupakan salah satu strategi pembelajaran yang berkaitan dengan hal-hal berikut, kecuali ....
a.       fenomena kehidupan sosial masyarakat
b.      fenomena dunia pengalaman dan pengetahuan siswa
c.       kelas sebagai fenomena alam
d.      kelas sebagai sarana interaksi guru dengan siswa
186.  Pembelajaran konekstual pada hakikatnya adalah konsep belajar yang membantu guru untuk ....
a.       Mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata
b.      Menghubungkan antara materi tertentu dengan situasi nyata
c.       Menerapkan strategi yang membantu siswa
d.      Menjelaskan keterkaitan antara materi dengan praktik
187.  Pembelajaran kontekstual didasarkan pada hasil penelitian ....
a.       Gagne                                                          c. Vygotsky
b.      Gibson                                                         d. John Dewey
188.  Dalam pembelajaran kontekstual, yang diituntut untuk menyusun rencana pribadi tentang apa yang dikerjakan bersama siswanya. Artinya, sang guru harus menyusun ....
a.       Rencana pembelajaran yang mengacu pada tema yang terdapat dalam silabus
b.      Deskripsi rencana pertemuan mingguan secara rinci
c.       Skenario pembelajaran, tujuan, media yang digunakan, dan alat evaluasi
d.      Skenario, tahap demi tahap, tentang apa yang dilakukan bersama siswanya sehubungan dengan topik yang diajarkan
189.  Kontekstualisasi dalam PAKEM lebih ditekankan pada proses ....
a.       Elaborasi, eksplorasi, dan imitasi
b.      Elaborasi, pengenalan, dan me-rekreasi
c.       Eksplorasi, imitasi, dan me-rekreasi
d.      Mengenal, menikmati, dan menanggapi
190.  PAKEM berupaya mendekatkan anak pada lingkungan budaya yang ada sehingga perspektif teoritis yang layak dipertimbangkan kontekstual dengan tetap mempertimbangkan .....
a.       Fungsi dan makna kerja sama
b.      Fungsi-fungsi dan makna kerja sama
c.       Toleransi terhadap suasana yang beragam
d.      Kemampuan menimbang berbagai alternatif yang ada
191.  Dalam PAKEM, sarana pertanyaan pemancing yang mesti disampaikan adalah dimulai dengan ....
a.       Apa yang disebut dengan ...?            c Apa yang terjadi seandainya ...?
b.      Berapa lama ....?                                     d. Kapan alat ....?
192.  Model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok disebut pembelajaran ....
a.       PAKEM                                                        c. Kontekstual
b.      Kooperatif dan kolaboratif                 d. Active learning
193.  Teori kontruktivisme yang menjadi dasar dalam pembelajaran kooperatif dan kolaborasi adalah konstruktivisme yang dikembangkan oleh ....
a.       Vygotskin                                                   c. Gagne
b.      John Dewey                                              d. Gibson
194.  Salah satu langkah pembelajaran kooperatif dan kolaboratif adalah pembelajaran berbasis masalah. Dalam konteks ini para siswa diminta untuk ....
a.       Menganalisis berbagai sudut pandang terhadap suatu masalah yang di bahas
b.      Mencari, menganalisis, dan menggunakan informasi tanpa banuan guru
c.       Menerapkan informasi akademik dalam suasana yang nyata
d.      Mengobservasi suatu fenomena dan mencatat permasalahan-permasalahan yang muncul
195.  Evaluasi program yang dilakukan terhadap satu kebijakan dapat menjawab berbagai pertanyaan berikut, kecuali ....
a.       Bagaimana dampak kebijakan tersebut bagi masyarakat luas?
b.      Apakah kebijakan tersebut diterapkan secara benar?
c.       Siapa yang menggagas kebijakan tersebut?
d.      Apakah dana yang disediakan memadai?
196.  Evaluasi program pembelajaran di SD bertujuan untuk mengetahui hal-hal berikut ini, kecuali ....
a.       Kesesuaian antara metode pembelajaran dengan anak usia SD
b.      Kepuasan orang tua siswa terhadap prestasi anaknya
c.       Ketepatan waktu yang disediakan untuk kerja kelompok
d.      Kesesuaian media yang digunakan dengan topik yang disajikan
197.  Pak Daniel mengajar kelas 5 SD Lebakwangi. Pada setiap akhir pelajaran, pak Daniel selalu mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui kesan para siswa, Pak Daniel biasanya melakukan berbagai perubahan pada pelajaran berikutnya. Tindakan yang dilakuakan Pak Daniel pada akhir pelajaran tersebut bertujuan untuk mengetahui kualitas ....
a.       Proses pembelajaran                            c. Rencana pembelajaran
b.      Media pembelajaran                             d. Hasil belajar siswa
198.  Evaluasi program yang dilakukan guru secara teratur memungkinkan guru ....
a.       Mengetahui kualitas pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya
b.      Terbiasa melakukan refleksi
c.       Meperbaiki kleemahan dalam pembelajaran
d.      Mengembangkan profesionalitas sebagai guru
199.  Manfaat evaluasi program pembelajaran bagi sekolah antara lain ....
a.       Prestasi siswa akan meningkat
b.      Hubungan antara guru dan siswa menjadi semakin akrab
c.       Pertanggungjawaban kepada masyarakat dapat dilakukan lebih mantap
d.      Angka putus sekolah dapat ditekan
200.  Jika evaluasi program pembelajaran tidak pernah dilakukan, akan muncul berbagai kerugian, di anataranya sebagai berikut, kecuali ....
a.       Guru tidak termotivasi untuk belajar
b.      Kualitas pembelajran tidak pernah diketahui
c.       Tidak ada upaya dari guru untuk melakukan perbaikan
d.      Siswa akan belajar secara rutin
201.  Evaluasi program pembelajaran di tingkat kelas, dapat dilakukan oleh guru dengan berbagai cara, antara lain sebagai berikut, kecuali ....
a.       Menganalisis hasil ulangan siswa
b.      Berdiskusi dengan guru lain
c.       Melakukan refleksi
d.      Berdialog dengan siswa tentang proses pembelajaran yang dihayati
202.  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru dapat merupakan evaluasi program pemblajaran karena berbagai alasan berikut, kecuali ....
a.       PTK bertolak dari masalah pembelajaran yang di identifikasi oleh guru
b.      Dalam PTK guru dapat berkolaborasi dengan guru lain
c.       Pada akhir setiap siklus PTK dilakukan refleksi
d.      Refleksi yang dilakukan dengan benar akan dapat menemukan kelemahan dan kekuatan pembelajaran
203.  Pada umumnya, evaluasi program pembelajaran di tingkat sekolah dilakukan melalui ....
a.       Kunjungan kepala sekolah ke kelas
b.      Pembentukan tim evaluasi
c.       Laporan tertulis dari setiap guru
d.      Laporan tentang kemajuan siswa pada rapat guru
204.  Idealnya, evaluasi program pembelajaran pada tingkat sekolah dilakukan secara formal dengan membentuk satu tim, yang terdiri dari ....
a.       Guru, kepala sekolah, dan  komite sekolah
b.      Guru, siswa, dan masyarakat luas
c.       Kepala sekolah, siswa, dan komite sekolah
d.      Kepala sekolah, komite sekolah, dan masyarakat
205.   Evaluasi program pembelajaran oleh guru di kelasnya sendiri, dilakukan pada ....
a.       Akhir semester                                        c. Refleksi terhadap proses pembelajaran
b.      Analisis rencana pembelajran            d. Dialog dengan siswa
206.  Evaluasi proses pembelajaran oleh guru dilakukan melalui kegiatan berikut, kecuali ....
a.       Menyebarkan angket kepada siswa
b.      Analisis rencana Pembelajaran
c.       Refleksi terhadap proses pembelajaran
d.      Dialog dengan siswa
207.  Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru atau pendidik, dimulai degnan menginformasikan silabus mata pelajran yang di dalamnya memuat rancangan dan kriteria penilaian, pada awal semester. Mengapa rancangan dan kriteria penilaian perlu disampaikan kepada siswa pada awal semester?
a.        Agar siswa dapat menyiapkan diri lebih baik
b.      Supaya siswa dapat mengatur cara belajarnya
c.       Agar siswa mengetahui bagaimana ia akan dinilai
d.      Supaya siswa mengetahui soal-soal yang akan diberikan
208.   Penilaian program pembelajaran oleh guru di kelasnya sendiri, dapat dimulai dengan ....
a.       Menganalisis rencana pembelajran
b.      Membuat rancangan evaluasi
c.       Mengidentifikasi masalah yang dihadapi
d.      Berdiskusi dengan teman sejawat
209.  Langkah terakhir yang harus dilakukan guru dalam rangkaian evaluasi program pembelajaran di kelasnya sendiri adalah ....
a.       Menyimpulkan hasil penilaian
b.      Menyerahkan hasil penilaian pada kepala sekolah
c.       Mendiskusikan hasil penilaian dengan teman sejawat, serta menetapkan upaya tindak lanjut
d.      Menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan rencana pelajaran berikutnya
210.  Evaluasi program pembelajaran oleh sekolah dilakukan secara periodik pada ....
a.       Awal dan akhir tahun ajaran               c. Akhir setiap semester
b.      Setiap tengah semester                       d. Awal semester
211.  Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang merupakan nilai batas ambang kompetensi untuk setiap mata pelajaran dikembangkan oleh ....
a.       Kepala sekolah
b.      Tim khusus
c.       Sekolah, dalam rapat dewan pendidik
d.      Sekolah dalam rapat komite sekolah
212.  Evaluasi program pembelajaran oleh sekolah dilakukan oleh sebuah tim. Langkah pertama yang harus ditempuh oleh tim adalah ....
a.       Mengembangkan desain evaluasi
b.      Menetapkan tujuan evaluasi
c.       Menetapkan sasaran evaluasi
d.      Menentukan waktu evaluasi
213.  Teknik yang paling tepat digunakan dalam menilai proses pembelajaran adalah ....
a.       Wawancara                                               c. Telaah dokumen
b.      Observasi                                                   d. angket
214.  Jika hasil evaluasi program pembelajaran menunjukan hasil belajarsiswa dalam mata pelajaran tertentu sangat rendah, tindak lanjut yang dilakukan oleh sekolah adalah ....
a.       Memberikan pelatihan bagi para guru
b.      Memberikan waktu tambahan bagi pelajaran tersebut
c.       Mendatangkan guru yang ahli dalam pelajaran tersebut
d.      Menganalisis penyebab rendahnya hasil belajar
215.  Dari jenisnya, sumber daya yang berperan dalam penyelenggaraan pendidikan SD terdiri dari sarana dan ....
a.       Fasilitas, ruang belajar, orang               c. Fasilitas, guru, uang
b.      Prasarana, orang, dana                            d. Prasarana, dana pengelola
216.  Berikut ini adalah sebagian dari sarana yang wajib dimiliki oleh SD sebagai satuan pendidikan, kecuali ....
a.       Ruang perpustakaan                                c. Alat-alat pelajaran
b.      Buku dan sumber belajar lain               d. Bahan habis pakai
217.  Dibandingkan dengan ketentuan yang terdapat dalam PP No 19/2005 tentang standar nasional pendidikan, prasarana yang umumnya tersedia di SD masih jauh dari ketentuan tersebut. Prasarana yang umumnya tidak dimiliki oleh sebagian besar SD di Indonesia adalah ruang ....
a.       Kelas, laboratorium, tempat ibadah
b.      Guru, untuk berkreasi, kepala sekolah
c.       Kelas, kepala sekolah, laboratorium
d.      Bermain, tata usaha, laboratorium
218.  Potret guru SD di Indoneisa masih memprihatinkan, khususnya dalam hal-hal berikut ini, kecuali ....
a.       Sebaran yang tidak merata
b.      Kompetensi yang belum mencapai standar
c.       Terbatasnya kesempatan untuk berkembang
d.      Kualifikasi akademik yang belum memenuhi standar
219.  Beragamnya kualifikasi dan kompetensi guru berdampak pada kualitas layanan pendidikan yang diberikan. Apa implikasi lebih lanjut dari kondisi seperti ini?
a.       Kualitas lulusan SD akan bervariasi dari satu SD ke SD yang lain
b.      Keluhan masyarakat terhadap mutu layanan pendidikan SD akan meningkat
c.       Angka putus sekolah akan meningkat tajam
d.      Berbagai pelatihan perlu dilakukan
220.  SD Sekarsari tidak mempunyai ruang tata usaha dan tenaga administrasi. Berikut ini adalah dampak yang mungkin muncul dari tiadanya ruang tata usaha dan tenaga administrasi di SD Sekarsari, kecuali ....
a.       Arsip2 sekolah sebagian akan disimpan di ruang kelas, sehingga ruang kelas akan menjadi sempit
b.      Sebagian waktu keala sekolah akan tersita untuk mengerjakan tugas administrasi, sehingga tugas pokoknya sebagai pemimpin mungkin akan terganggu
c.       Guru mungkin juga harus mengerjakan tugas administrasi, sehingga perhatiannya  pada pembelajaran mungkin terganggu
d.      Penyelesaian tugas-tugas administrasi hanya akan dilakukan pada hari minggu atau hari libur
221.  Seorang kepala sekolah harus menguasai kompetensi managerial. Berikut ini adalah contoh-contoh indikator kompetensi manajerial, kecuali ....
a.       Membeli alat-alat pelajaran          c. Menyusun rencana kegiatan sekolah
b.      Memimpin rapat guru                       d. Mengawasi pelaksanaan kegiatan sekolah
222.  Dalam PP No 19/2005 tentang standar nasional pendidikan, biaya penyelenggaraan pendidikan dikelompokan menjadi biaya ....
a.       Rutin, bulanan, dan tahunan          c. Investasi, personal, dan operasi
b.      Orang, barang, dan jasa                    d. Pokok, pajak, dan investas

223.  Sebuah SD mewajibkan para siswa untuk membayar buku paket yang dipesan dari  penerbit tertentu. Biaya tersebut termasuk sebagai biaya....
 a.       Jasa                                                           c. Operasi
 b.      Investasi                                                   d. personal

224.  Akhir-akhir ini banyak keluhan yang disampaikan oleh masyarakat kepada SD, keluhan  tersebut antara lain sebagai berikut, kecuali ....
 a.       Banyaknya pungutan yang harus dibayar oleh orang tua siswa
 b.      Banyaknya anak-anak yang putus sekolah
 c.        Buruknya pelayanan pendidikan yang diberikan
 d.      Minimnya fasilitas yang tersedia di SD

225. Berikut ini adalah contoh2 sarana/prasarana yang ada di luar SD yang dapat  dimanfaatkan untuk  pembelajaran di SD, kecuali ....
  a.       Perpustakaan daerah                        c. Kantor bupati
  b.      Lapangan olah raga                          d. Sanggar seni

226.  Untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada diluar sekolah, berbagai upaya    yang harus  dilakukan, diantaranya sebagai berikut, kecuali ....
 a.  Mengadakan pendekatan dengan pemilik atau penanggungjawab sarana dan  prasarana
  b.   Mempelajari kemungkinan untuk memanfaatkan sarana prasarana yang ada di luar  sekolah
  c.    Berdiskusi dengan guru lain dan kepala sekolah tentang ide memanfaatkan sarana di  luar sekolah
  d.     Melakukan kegiatan/pembelajaran langsung ditempat sarana dan prasarana berada

227. Kunci utama dalam mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan di SD  adalah ....
 a.       Kreativitas pendidik dan tenaga kependidikan di SD
 b.      Ketersediaan dana untuk pengadaan
 c.       Hubungan baik dengan masyarakat sekitar sekolah
 d.      Kepintaran menyusun usulan pengadaan sarana dan prasarana

228.  Seorang pengawas SD dipersyaratkan memiliki pengalaman sebagai guru atau kepala SD,   karena berbagai alasan berikut, kecuali ....
  a.    Pengawas SD akan membina guru dan kepala SD
  b.   Guru memang diproyeksikan menjadi pengawas
  c.    Pengalaman sebagai guru akan memantapkan tugas melakukan supervisi akademik
 d.  Pengalaman sebagai kepala sekolah akan memantapkan tugas melakukan supervisi manajerial

229.  Supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas meliputi bidang2 berikut, kecuali ....
 a.       Silabus dan rencana pembelajaran
 b.      Pelaksanaan pembelajaran
 c.       Pengelola sarana dan prasarana
 d.      Evaluasi proses dan hasil belajar

230. Dewan pendidikan berperan serta dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di  tingkat  nasional, propinsi, dan kabupaten kota, dengan memberikan hal-hal berikut,      kecuali ....
 a.       Pertimbangan dan arahan                     c. Dukungan tenaga
 b.      Modal kerja                                             d. Dukungan sarana dan prasara

231.  Dengan diadiri kepala sekolah, komite sekolah dapat melakukan pengambilan keputusan  dalam  bidang ....
 a.       Biaya operasional sekolah                      c. Tata tertib sekolah
 b.      Rencana kerja tahuanan                        d.  kurikulum

232. Kenyataan dilapangan menunjukan bahwa pada saat ini, isu-isu yang berkembang  mengenai  komte sekolah adalah sebagai berikut, kecuali ....
 a.       Sudah berfungsi dengan baik
 b.      Belum dikenal oleh sebagian besar orang tua siswa
 c.       Lebih banyak berkutat dengan dana operasional
 d.      Tidak dipilih secara terbuka

233. Dana BOS merupakan program pemerintah yang berasal dari subsidi dana BBM, dan  bertujuan  untuk ....
 a.       Memberantas buta aksara
 b.      Membantu sekolah menyelenggarakan pendidikan
 c.       Membebaskan anak yang tidak mampu dari biaya pendidikan
 d.      Menuntaskan wajib belajar 9 tahun

234.  Dana BOS dapat dimanfaatkan untuk pembiayaan komponen2 berikut, kecuali ....
 a.       Ulangan dan ujian                                   c. Bahan habis pakai
 b.      Pelatihan guru                                          d. Honor guru kontrak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar